Saturday, 18 August 2012

Tak Usah Malu Memakan Ubi, Ini Dia Manfaatnya



Center for Science in the Public Interest U.S beberapa waktu lalu menobatkan ubi jalar sebagai juara satu dalam kompetisi kekayaan nutrisi kategori sayuran. Hal ini didasarkan pada kandungan ubi jalar yang lebih lengkap dibandingkan jenis sayuran lainnya.

Selain itu, dalam setiap butir ubi jalar ukuran sedang terkandung vitamin A yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin A harian tubuh sebanyak dua persen.

Nah, berikut 6 fakta sehat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi sebutir ubi jalar.

Lebh banyak serat

Menurut The U.S. Sweet Potato Council Inc.,ubi yang dimasak beserta kulitnya menghasilkan lebih banyak serat dibanding seporsi oatmeal. Ubi juga mengandung vitamin A, B, C, Kalsium dan potassium yang berfungsi untuk meringankan radang perut.

Aman dikonsumsi penderita diabetes

Kadar Glycemic Index (GI) pada ubi lebih rendah bila dibandingkan dengan nasi ataupun roti sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Studi yang digelar oleh University of Vienna, Austria, pada 2003 silam, membuktikan bahwa pengidap diabetes melitus tipe II yang mengonsumsi ubi menunjukkan penurunan yang signifikan resistensi insulin tanpa perbedaan dalam berat badan, atau faktor lain yang mungkin akan mempengaruhi.

Alternatif untuk diet

Bagi Anda yang sedang menjalani diet, ubi bisa menjadi alternatif asupan karbohidrat terbaik. Ubi mentah yang berukuran sedang mengandung 112 kalori, bebas lemak, kolesterol dan rendah sodium serta mampu memberikan energi lepas berkala sekaligus membuat perut Anda kenyang lebih lama.

Vitamin A

Sebutir ubi mengandung lebih dari 200 persen kebutuhan harian akan vitamin A. Vitamin ini memberikan warna kuning pada ubi dalam bentuk beta karoten. Beta karoten juga berperan penting sebagai antioksidan serta menjaga kesehatan mata.

Vitamin C

Sepotong ubi dapat memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari. Tidak hanya itu ubi juga kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin B6.

Antioksidan

Ubi juga berfungsi sebagai antioksidan, membantu mencegah infeksi dalam pencernaan, saluran kencing, dan paru-paru. Meski dianggap sebagai ‘makanan kampung’ namun kehebatan ubi dalam memberikan manfaat kesehatan masih belum terbantahkan hingga saat ini. So, tak perlu malu makan ubi!


Sumber

Reactions:

0 comments:

Post a Comment