Tuesday, 5 March 2013

Sekilas tentang Bioinformatika


Apa sih yang di maksud Bioinformatika ?

--> Analisis informasi Biologi menggunakan Komputer dan Statistik"
--> Ilmu yang mengembangkan dan memanfaatkan database dan algoritma untuk mempercepat dan mendorong riset Biologi.
--> Kombinasi ilmu komputer dan Biologi --> mengatur, menyimpan, menganalisis, dan memvisualisasikan data    genomik --> Multidisiplin ilmu dari  : ilmu Komputer, Matematika, Statistik, Kimia, Biologi dll.

Definisi bioinformatika akan selalu berkembang seiring inovasi-inovasi baru yang dihasilkan. Kata Bioinformatika sendiri lahir tahun 1990 dan mengalami perkembangan sangat cepat. Awalnya sebagai bagian dari Modern Life Science dan Medicine. Sekarang sudah menjadi Multidisiplin ilmu tersendiri. Dan tetap menjadi inovator dalam riset Medicine dan Biologi.

Data Bioinformatik meliputi: DNA Sequence, Gene Expression, Protein Expression, Protein Structure, Genome Mapping, Metabolic Networks, Regulatory Networks, Trait Mapping, Gene Function Analysis, Scientific Literature.

 Lalu bagaimana aplikasinya ?

1. Saat ini aplikasi bioinformatika lebih banyak fokus pada riset molecular biologi, seperti : 
--> Perbandingan beberapa protein dengan sequences sama (misal –kinases) dari organisme berbeda dan mengetahui Apakah arti dari perbedaan & persamaan tersebut.
--> Prediksi gen dari suatu genom (promoters; transcription binding sites; introns; exons). DNA, RNA, Protein. Structure - Function
--> Prediksi struktur 3-dimensi suatu protein dari sequence.
--> Klassifikasi makhluk hidup menjadi beberapa domain. Berdasarkan sequence analysis terbagi Bacteria, Archaea, dan Eucarya.
--> Mengetahui korelasi antara gene expressi dan penyakit.

2. Prediksi drug resistance pada HIV dan penentuan dosis pengobatan.
Awalnya banyak virus dalam penderita HIV. Setelah diberi obat maka jumlah virus berkurang. Tapi akhirnya jumlah virus menjadi banyak lagi dan penderita HIV meninggal.
Ternyata: virus mengalami mutasi dan beberapa virus menjadi resistan terhadap obat.
Bagaimana mengetahui obat manakah yang viru sudah resistan? Hal ini dapat diketahui melalui sequence analysis dari Sequence
HIV-1 dari pasien dengan obat A dengan Sequence HIV-1 dari pasien yang belum pernah minum obat A.
Maka dapat ditentukan solusi dosis pengobatan: kombinasi beberapa obat --> Tidak diberikan obat pada virus yang sudah resistan.

3. Membuka misteri penyakit anthrax secara molecular biology.Anthrax adalah penyakit oleh gram positive Bacillus anthraci yang menginfeksi terutama hewan ternak, bebek, dan kuda, juga bisa menginfeksi manusia melalui susu atau daging dari hewan yang terinfeksi.

Prospek kedepannya bagaimana ?

--> Tren: Crop & Cattle Genetic Resource, Viral Genomics, Cancer Research, Molecular Biodiversity, High Throughput Screening Directed Evolution , Metabolic engineering, Molecular Breeding, Gene Shuffling, Protein Engineering, Extremeophiles...
--> Tetap menjadi inovator dalam riset medicine, biologi dan bioteknologi.


Reactions:

1 comment:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Bioinformatika', Silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2865/1/61.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete