Thursday 18 August 2011

Macam-macam Nikmat Allah




Nikmat Allah ada tiga, yaitu :
  1. Nikmat yang telah diperoleh dan seorang hamba mengetahuinya.
  2. Nikmat yang masih dinanti dan diharapkan.
  3. Nikmat yang dialami seseorang tapi ia tidak mengertinya.

Apabila Allah menghendaki untuk memberikan nikmat secara lengkap kepada hamba-Nya maka dikenalkan nikmat yang ada, lalu diberikannya dan bisa bersyukur kepadanya sebagai satu ikatan yang kokoh hingga nikmat tersebut tidak lenyap. Ia akan hilang dengan maksiat dan bisa dikendalikan dengan syukur.

Setelah itu Allah memberikan taufik kepada seseorang untuk melakukan perbuatan yang bisa menarik nikmat berikutnya, lalu ditujukan kepada jalan yang akan membantunya, dan memutus jalannya, lalu diberikan taufik untuk menghindarinya. Tahu-tahu nikmat itu telah datang kepadanya dengan cara lebih sempurna lalu diberitahu dengan nikmat yang ia tidak menyadarinya padahal nikmat itu diterimanya.

Diceritakan seorang Arab Badui yang masuk kepada Harun Rasyid lalu berkata: “Wahai Amirul Mu’minin! Semoga Allah menetapkan kenikmatanmu dengan cara bersyukur kepadanya, lalu apa yang kamu harapkan semoga bisa terealisir dengan cara berbaik sangka kepada-Nya dan terus menerus melakukan taat kepada-Nya, lalu mengenalkan nikmat yang kamu telah mengalaminya, dan nikmat yang belum kamu ketahui agar kamu bisa mensyukurinya. Lalu kalimat tersebut membuatnya kagum, lalu berkata: Alangkah baiknya pembagiannya.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.Memetik Manfaat Al-Qur’an. Daar Al Yaqiin li An Nasyar wa At Tauzii’, Mesir, Al Manshur.2000.

0 comments:

Post a Comment