Monday, 16 January 2012

Belajar Mengecap Rasa Dengan Air Putih



Bagaimana menentukan makanan itu enak atau tidak? Salah satunya dengan melatih indra pengecap kita, yaitu lidah, pada makanan-makanan yang netral terlebih dahulu.

Menurut pakar kuliner masakan Indonesia, Willian Wongso, kita bisa memulai belajar mengecap rasa dengan cara membedakan rasa air putih. “Air putih itu ada rasanya lho,” ujarnya di sela-sela penjurian Kecap Black Gold Masakan Andalanku di Carrefour MT Haryono, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Caranya, menurut pria yang sering menjadi juri dalam lomba masak ini, awalnya kita mengecap berbagai macam air putih dalam kemasan yang merk-nya berbeda-beda. Kita rasakan dengan lidah kita satu per satu air kemasan tersebut. “Nanti lidah kita tahu mana yang enak menurut kita,” ujarnya.

Mengapa air putih? Menurutnya, karena air putih netral. Jika tidak peka, kita mungkin mengira rasa semua air putih sama. Padahal, ada sensasi yang berbeda pada lidah kita ketika mengecap air putih. “Mindset dan sensor rasa di lidah kita akan telatih lama-lama,” katanya.

Setelah dengan air putih, kita bisa melatihan pengecapan pada bahan-bahan makanan yang netral seperti sayur. Pada tahap terakhir, kita harus mencicipi bumbu-bumbu masakan tradisional.

Kemampuan berlatih rasa ini berguna untuk membiasakan lidah mengecap berbagai rasa makanan. Kita pun akan segera bisa membedakan makanan mana yang enak atau tidak, meskipun penilaian enak ini bisa subyektif karena penilaian pengecapan lidah setiap orang berbeda.

Jika Anda sudah ahli mengecap rasa, maka Anda bisa menjadi juri lomba memasak dan menentukan masakan mana yang paling enak, seperti William Wongso.

Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment