Tuesday, 10 January 2012

Kera Besar Dapat Membuat Keputusan Lebih Canggih Ketimbang Kera Berukuran Kecil




FRANKFURT — Keluarga empat kera besar, simpanse, orangutan, gorilla dan bonobo ternyata memiliki kecerdasan lebih dari yang pernah diperkirakan peneliti sebelumnya. Mereka dapat membuat keputusan lebih canggih ketimbang kera berukuran kecil.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan 29 Desember lalu dari peneliti di Institut Max Planck, tentang pengambilan keputusan, kera besar dapat menimbang peluang kesuksesan keputusan berdasarkan apa yang mereka ketahui. Tak hanya itu mereka memiliki keberhasilan besar ketika menebak.

Penelitian yang dipimpin Daniel Haun menyelidiki semua spesies nonmanusia dari empat kera besar. "Studi kami menambah bukti yang lebih berkembang, bahwa kehidupan mental kera besar jauh lebih canggih daripada yang sering diasumsikan," ungkap Haun dalam ScienceDaily.

Penelitian tersebut menyajikan dua potong pisang. Satu pisang lebih kecil, selalu berada di tempat yang sama, dan yang lebih besar, tersembunyi di bawah  beberapa cangkir.

Terbukti beberapa kera besar ternyata bisa mengatur ketidakpastian dan probabilitas keberhasilan dari pilihan yang salah. Sehingga pengambilan keputusan menjadi lebih efisien.

Kera lebih sering memilih pisang kecil ketika pisang besar tersembunyi dan sulit ditemukan. Semakin rendah kesempatan mereka untuk menebak dengan benar, semakin sering mereka memilih potongan kecil.

Namun sebaliknya ketika pilihan menemukan pisang besar lebih mudah, beberapa kera cenderung berusaha menemukan pisang yang besar. Dari empat spesies kera menunjukkan simpanse dan orangutan mengambil keputusan lebih canggih dalam membuat strategi dibanding gorila dan bonobo.

Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment