Saturday 20 August 2011

Murji’ah: Asal-usul Kemunculan dan Doktrin-doktrinnya



1. Asal-usul Kemunculan Murjia’ah

Nama Murji’ah diambil dari kata irja atau arja’a yang berarti penundaan, penangguhan, dan pengharapan. Kata arja’a mengandung pula arti member harapan, yakni member harapan kepada pelaku dosa besar untuk memperoleh pengampunan dan rahmat Allah. Selain itu arja’a berarti pula meletakkan dibelakang atau mengemudikan, yaitu orang yang mengemudikan amal dari iman. Oleh karena itu, Murji’ah artinya orang yang menunda penjelasan kedudukan seseorang yang bersengketa, yakni Ali dan Muawiyah serta pasukannya masing-masing ke hari kiamat kelak.

Ada beberapa teori yang berkembang mengenai asal-usul kemunculannya. Teori pertama mengatakan bahwa gagasan irja atau arja’a dikembangkan oleh sebagian sahabat dengan tujuan mejamin persatuan dan kesatuan umat Islam ketika terjadi pertikaian politik dan juga bertujuan untuk menghindari sektarianimse. Murji’ah, baik sebagai kelompok politik maupun teologis, diperkirakan lahir bersamaan dengan kemunculan Syiah dan Khawarij. Kelompok ini merupakan musuh berat Khawarij.

Teori lain mengatakan bahwa gagasan irja atau arja’a yang merupakan basis kemunculan doktrin Murji’ah muncul pertama kali sebagai gerakan politik yang diperlihatkan oleh cucu Ali bin Abi Thalib, Al-Hasan bin Muhammad Al-Hanafiyah, sekitar tahun 695. Al-Hasan mencoba menanggulangi perpecahan umat Islam. Ia kemudian mengelak berdampingan dengan kelompok syiah revolusioner yang terlampau mengagumkan Ali dan para pengikutnya, serta menjauhkan diri dari Khawarij yang menolak mengakui kekhalifahan Muawiyah engan alas an bahwa ia adalah keturunan si pendosa Usman.

Teori lain menceritakan bahwa ketika terjadi perseteruan antara Ali dan Muawiyah, dilakukan tahkim (arbitrase) atas usulan Amr bin Ash, seorang kaki tangan Muawiyah. Kelompok Ali terpecah menjadi dua kubu, yang pro dan yang kontra. Kelompok kontra yang akhirnya menyatakan keluar dari Ali, yakni kubu Khawarij. Mereka memandang bahwa tahkim bertentangan dengan al-qur’an, dalam pengertian, tidak bertahkim berdasarkan hukum Allah. Oleh karena itu, mereka berpendapat bahwa melakukan tahkim itu dosa besar, dan pelakunya dapat dihukumi kafir, sama seperti perbuatan dosa besar lainnya, seperti zina. Pendapat ini ditentang sekelompok sahabat yang kemudian disebut Murji’ah, yang mengatakan bahwa pembuat dosa besar tetap mukmin, tidak kafir, sementara dosanya diserahkan kepada Allah, apakah Dia akan mengampuninya atau tidak.
  
2.   Doktrin-doktrin Murji’ah

Ajaran pokok Murji’ah pada dasarnya bersumber dari gagasan atau doktrin irja atau arja’a yang diaplikasikan dalam banyak persoalan, baik persoalan politik maupun teologis. Di bidang politik, doktrin irja diimplementasikan dengan sikap netral atau nonblok, yang hamper selalu diekspresikan dengan sikap diam. Itulah sebabnya, kelompok Murji’ah dikenal pula sebagai the queietists (kelompok bungkam). Sikap ini akhirnya berimplikasi begitu jauh sehingga membuat Murji’ah selalu diam dalam persoalan politik.

Adapun dibidang teologi, doktrin irja dikembangkan Murji’ah ketika menanggapi persoalan-persoalan teologis yang muncul pada saat itu. Pada perkembangan berikutnya, persoalan-persoalan yang ditanggapinya menjadi semakin kompleks sehingga mencakup iman, kufur, dosa besar, dan ringan, tauhid, tafsir, eslato;ogi, pengampunan atas dosa besar, kemaksuman nabi, hukuman atas dosa, ada yang kafir dikalangan generasi awal Islam, tobat, hakikat al-qur’an, nama dan sifat Allah, serta ketentuan Tuhan.

Berkaitan dengan teologi Murji’ah, W. Montgomery Watt merinci sebagai berikut:
a.   Penangguhan keputusan terhadap Ali dan Muawiyah hingga Allah memutuskannya di akhirat kelak.
b.   Penangguhan Ali untuk menduduki ranking keempat dalam peringkat Al-Khalifah Ar-Rasyidin.
c.    Pemberian harapan terhadap orang muslim yang berdosa besar untuk memperoleh ampunan dan rahmat dari Allah.
d.   Doktrin-doktrin Murji’ah menyerupai pengajaran para skeptic dan empiris dari kalangan Helenis.

Masih berkaitan dengan doktrin Murji’ah, Harun Nasution menyebutkan empat ajaran pokoknya, yaitu:
a.   Menunda hukuman atas Ali, Muawiyah, Amr bin Ash, dan Abu Musa Al-Asy’ary yang terlibat tahkim dan menyerahkannya kepada Allah di hari kiamat kelak.
b.   Menyerahkan keputusan kepada Allah atas orang muslim yang berdosa besar.
c.    Meletakkan (pentingnya) iman daripada amal.
d.   Memberikan pengharapan kepada muslim yang berdosa besar untuk memperoleh ampunan dan rahmat dari Allah.

Sementara itu, Abu ‘A’ la Al-Madudi menyebutkan dua doktrin pokok ajaran Murji’ah, yaitu:
a.   Iman adalah percaya kepada Allah dan Rasul-Nya saja. Adapun alam atau perbuatan tidak merupakan suatu keharusan bagi adanya iman. Berdasarkan hal ini, seseorang tetap dianggap mukmin walaupun meninggalkan perbuatan yang difardukan dan melakukan dosa besar.
b.   Dasar keselamatan adalah iman semata. Selama masih ada iman di hati, setiap maksiat tidak dapat mendatangkan madarat atau gangguan atas seseorang. Untuk mendapatkan pengampunan, manusia cukup hanya dengan menjauhkan diri dari syirik dan mati dalam keadaan akidah tauhid.

Sumber : Dr. Abdul Rozak, M.Ag., dan Dr. Rosihon, M.Ag, “Ilmu Kalam”. Pustaka Setia. Bandung : 2001.



5 comments:

  1. Analogi yang benar:
    GKB (Gresik Kota Baru) : Indonesia = Yahudi : Dunia
    Hafizh (Saya) : Para Pendoktrin Agama = GKB : Indonesia
    082243884732 WhatsApp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Analogi yang benar:
      GKB (Gresik Kota Baru) : Indonesia = Yahudi : Dunia
      Hafizh (Saya) : Para Psikopat Lainnya = GKB : Indonesia
      082243884732 WhatsApp

      Delete
    2. Imam Aji Raksa JANCOK GOBLOK!
      Analogi yang benar:
      GKB (Gresik Kota Baru) : Indonesia = Yahudi : Dunia
      Hafizh (Saya) : Para Psikopat Lainnya = GKB : Indonesia
      082243884732 WhatsApp

      Delete
  2. Imam Aji Raksa JANCOK GOBLOK!
    Analogi yang benar:
    GKB (Gresik Kota Baru) : Indonesia = Yahudi : Dunia
    Hafizh (Saya) : Para Psikopat Lainnya = GKB : Indonesia
    082243884732 WhatsApp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imam Aji minum air Raksa JANCOK GOBLOK!
      Analogi yang benar:
      GKB (Gresik Kota Baru) : Indonesia = Yahudi : Dunia
      Hafizh (Saya) : Para Psikopat Lainnya = GKB : Indonesia
      082243884732 WhatsApp

      Delete