Friday 25 May 2012

Wikipedia Perkaya Artikel Bahasa Jawa




Wikimedia Indonesia menggandeng enam perguruan tinggi di Indonesia menggarap artikel berbahasa Jawa dalam kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Jawa bertajuk "Papat Limpad 2012".

Enam PT yang digandeng yakni Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, dan IKIP PGRI Semarang. Mereka semua memilki program studi Bahasa Jawa.

Direktur Proyek "Papat Limpad 2012", Nunung Martina, di Semarang, Senin, menjelaskan, kompetisi itu untuk memperkaya artikel di Wikipedia Bahasa Jawa dan upaya melestarikan kebudayaan serta bahasa Jawa.

Usai peluncuran kompetisi "Papat Limpad 2012" di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Semarang itu, ia menjelaskan makna "papat limpad" karena nantinya dipilih sebanyak empat pemenang kompetisi itu.

"Tahun ini kami menggandeng enam PT yang memiliki program studi bahasa atau sastra Jawa untuk kian memperkaya artikel yang masuk," katanya.

Jumlah peserta kompetisi "Papat Limpad 2012", kata dia, ditetapkan sebanyak 150 orang berasal dari enam PT tersebut sehingga masing-masing PT akan mengirimkan sebanyak 25 peserta yang kemudian akan dipilih empat pemenangnya.

"Pemenang kompetisi yang didanai dari hibah bersama antara Wikimedia Indonesia dan organisasi mitra yakni Wikimedia Swiss dan Wikimedia Perancis itu masing-masing akan mendapatkan hadiah 500 euro," kata Martina.

Pengurus Wikipedia Bahasa Jawa, Prasetyo, mengatakan, jumlah artikel bahasa Jawa pada kompetisi "Papat Limpad 2011" mencapai lebih dari 2.000 judul, sedangkan pada 2012 lebih banyak karena jumlah peserta kian bertambah.

Rektor IKIP PGRI Semarang, Muhdi, mengatakan, prodi-prodi bahasa Jawa akan lebih berkembang karena media yang digunakan yakni melalui internet sangat memudahkan dan menguntungkan, karena bisa diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.

"Hanya saja, kami berharap ke depannya seluruh PT yang memiliki prodi bahasa atau sastra Jawa bisa turut berpartisipasi dalam kompetisi semacam ini," kata Muhdi yang juga Sekretaris PGRI Jawa Tengah itu.

Sumber : Republika.co.id

1 comment:

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di Pelangi Q Q (,) me
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.
    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    * Bandar66 (NEW GAME)
    * SAKONG
    * Poker
    * Domino99
    * Capsa susun
    * AduQ
    * BandarQ
    * Bandar Poker
    Keunggulan PELANGI Q Q :
    - PROSES DEPO & WD MUDAH TANPA RIBET
    - PROSES DEPO & WD TERCEPAT
    - KARTU-KARTU BERKUALITAS DISAJIKAN
    - CS RAMAH & INSPIRATIF SIAP MEMBANTU 24JAM
    - TIPS & TRIK MENJADI KEUNGGULAN SITUS INI
    - DAN TENTUNYA DEPOSIT YG TERJANGKAU BOS!!(MINIMAL DEPO & WD 25RB)
    Nikmati juga HOT PROMO bersama kami:
    * BONUS TURNOVER 0.3% (DIBAGIKAN SETIAP 5 Hari 1x)
    * BONUS REFERRAL 15% (SEUMUR HIDUP)
    Tunggu apalagi bos!! langsung daftarkan diri anda di PELANGI Q Q
    Bagaimana cara mendaftar? SIMPEL bos!!
    cukup kunjungi kami PELANGI Q Q
    klik daftar dan daftarkan diri anda
    atau bisa juga hubungi kami melalui LiveChat dan BBM yang akan melayani Anda 24 jam nonstop.
    - SKYPE : PELANGIQQ
    - LINE : PELANGIQQ
    - FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    - PIN BB : E37271BF
    - WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki
    PELANGIQQ

    ReplyDelete