Saturday 21 January 2012

Berjuta Gizi Yang Terkandung Dalam Daging Sapi


Dengan menu seimbang yang memasukkan daging sapi dalam satu unsur makanan, tubuh kita akan mendapatkan manfaat dari olahan satu ini. Syaratnya, pengolahan yang tepat dan penyimpanan yang benar. Selain itu, disarankan agar mengonsumsi daging tak lebih dari 70 gram setiap hari. Berikut adalah gizi yang terkandung dalam daging sapi:

Protein
Protein berfungsi untuk membentuk jaringan tubuh serta menjaga kekebalan tubuh. Pada anak-anak, protein berperan besar dalam perkembangan anak, baik fisik maupun otak.

Selenium
Zat ini dibutuhkan untuk membentuk zat antioksidan serta meningkatkan imunitas anak.

Vitamin B Kompleks
Vitamin ini berfungsi untuk membantu kerja sistem saraf otak sehingga mampu membantu konsentrasi dan meningkatkan daya ingat.

Zat seng

Zat ini memiliki fungsi untuk meningkatkan metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Kekurangan zat seng bisa menyebabkan gangguan pada pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma serta mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Zat besi
Zat satu ini memiliki nutrisi yang penting bagi otak. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia sehingga tubuh menjadi lesu. Manfaat zat besi adalah untuk meningkatkan metabolisme energi dalam tubuh, mempengaruhi kemampuan belajar pada anak, serta menjaga kekebalan tubuh.Pada anak-anak, anemia sangat mudah menyerang. Gejalanya berupa pucat, rasa lemah, letih, pusing, apatis, mudah tersinggung, kurang nafsu makan, serta menurunnya kemampuan konsentrasi dan belajar.

Omega 3
Kandungan Omega 3 membantu fungsi jantung, sistem saraf pusat dan hati. Dalam 150 gram daging sapi, terkandung sekitar 30 gram asam lemak Omega 3.

Vitamin D
Fungsi vitamin D adalah untuk membantu metabolisme kalsium serta mineralisasi tulang. Pada anak-anak, vitamin D sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan tulang. Kekurangan vitamin ini akan mengakibatkan tulang keropos atau yang disebut osteoporosis.

Sumber : Republika.co.id

0 comments:

Post a Comment