Rabu, 22 Februari 2012

10 Jenis Penyakit Paling Langka Di Dunia


Sementara kita semua pernah mendengar tentang penyakit, seseorang terlihat dengan penyakit, dan memiliki penyakit secara pribadi, itu tidak mungkin bahwa kita telah mengalami penyakit langka. Dalam dunia non-medis, orang menggunakan dan pertukaran penyakit berarti infeksi, penyakit, sakit, atau sesuatu yang serupa. Dalam dunia medis, penyakit adalah suatu kondisi abnormal yang merusak fungsi tubuh dan sering dikaitkan dengan tanda-tanda tertentu dan gejala.

Juga disebut penyakit yatim piatu, penyakit langka adalah mereka yang sangat jarang dan sering memiliki prevalensi rendah sehingga seorang dokter umum tidak akan lari ke lebih dari satu kasus penyakit yang selama perjalanan tahun, jika pernah. Berikut adalah daftar 10 penyakit yang jarang mempengaruhi orang.

Berikut 10 jenis penyakit paling langka di dunia :

1.    Cacar

 Kita semua telah mendengar tentang cacar, mungkin lebih tentang vaksin itu sendiri, yang saat ini jarang digunakan kecuali ada risiko tinggi penyakit. Dikatakan cacar yang mungkin telah ada sebagai awal 10.000 SM. Cacar ditandai dengan demam tinggi, kelelahan, dan ruam datar berwarna merah dengan luka yang pada akhirnya dapat menutupi seluruh tubuh. Banyak yang percaya bahwa cacar adalah salah satu penyakit mematikan, menewaskan sekitar 300-500 juta di abad 20, di 400.000 setiap tahun sepanjang abad ke-18. Namun, karena seluruh dunia imunisasi, kasus yang dilaporkan terakhir cacar pada tahun 1977. Karena itu, penyakit ini dikatakan sangat langka. Hari ini, ancaman cacar masih ada, tetapi dalam bentuk bioterorisme.


2.    Polio


Pertama dikenal dan diakui pada tahun 1840, polio adalah penyakit yang menyebar dari orang ke orang, atau melalui sarana makanan yang terkontaminasi atau air. Kebanyakan kasus polio tidak menunjukkan gejala, kecuali penyakit ini diperkenalkan melalui aliran darah. Dalam kebanyakan kasus, polio menyebabkan kelumpuhan dan kelemahan otot. Meskipun secara luas menyebarkan penyakit selama 90-an, polio sejak menjadi dibasmi di 36 negara. Pada tahun 2002 Eropa menyatakan bahwa ia tidak memiliki melihat kasus polio sejak vaksin virus polio. Hanya empat negara di dunia sebagai tahun 2006 masih menganggap polio menjadi endemik.

3.    Progeria Hutchinson-Gilford

Biasanya dikenal hanya sebagai Progeria, kondisi ini adalah salah satu yang hanya mempengaruhi satu dari sekitar 8 juta anak yang lahir. Kebanyakan lahir dengan kondisi hanya hidup menjadi sekitar 13, sementara yang lain telah mampu hidup sampai usia awal dua puluhan. Progeria adalah kondisi genetik yang terjadi karena mutasi baru yang ditandai oleh penampilan, dramatis cepat mulai penuaan di masa kecil. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini tidak diwariskan, meskipun telah ada kasus serupa di mana kondisi orang tua membawa protein genetik dan kemudian menyebarkannya ke anak-anak mereka. Tidak ada obat untuk Progeria, meskipun dokter telah mencoba terapi hormon pertumbuhan serta obat antikanker. Biasanya dokter berusaha untuk fokus pada mengurangi komplikasi penyakit.


4.    Penyakit Fields

Penyakit Fields 'dikatakan sebagai penyakit paling langka di dunia. Hal ini dinamai setelah dua kembar, Catherine dan Bidang Kirstie dari Wales. Penyakit ini tidak memiliki nama medis, tetapi dokter telah mampu menyebutnya penyakit neuromuskular. Otot-otot dalam tubuh secara perlahan memburuk, yang membatasi gerakan. Penyakit perempuan 'telah dipelajari oleh dokter dari seluruh dunia. Karena penyakit ini sangat langka dan tidak diketahui, dokter tidak yakin apa yang akan terjadi selanjutnya. Penyakit ini sejak membatasi kehidupan gadis-gadis, yang mengikat mereka untuk kursi roda dan membuat tugas sederhana seperti menulis, keras.


5.    Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP)

Fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) adalah penyakit genetik langka yang mempengaruhi jaringan ikat. Penyakit ini dikatakan hanya mempengaruhi 1 dalam 2 juta orang. Di seluruh dunia ada 700 kasus yang dikonfirmasi dari penyakit, 285 dari mereka yang di FOP AS diklasifikasikan ketika tubuh menyebabkan jaringan berserat, seperti ligamen, otot, dan tendon, untuk menjadi kaku, atau untuk mengubah ke dalam tulang ketika rusak . Ini berarti yang jatuh dapat menyebabkan tulang untuk tumbuh dalam otot dan tendon di seluruh tubuh. FOP berdiri sebagai penyakit yang hanya dikenal yang menyebabkan satu jenis sistem organ untuk berubah menjadi yang sama sekali berbeda. Saat lahir, gejala klasik dari penyakit ini adalah malformasi jempol kaki. Tidak ada pengobatan dikenal untuk FOP, sebagai operasi untuk menyingkirkan tulang, tampaknya menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lagi.


6.    Kuru

Sebagai langka seperti itu, Kuru adalah salah satu penyakit yang fatal. Namun, sangat jarang bahwa penyakit ini terbatas pada daerah di Nugini, lebih khusus suku Fore yang hidup di dataran tinggi. Penyakit ini muncul sebagai akibat dari kanibalisme, yang merupakan praktek ritual di mana jaringan orang lain, terutama otak, dimasak dan dikonsumsi. Mereka yang terpengaruh dengan penyakit ini biasanya menjadi tidak dapat makan atau berdiri, dan kemudian sekitar 6-12 bulan kemudian mati dalam keadaan koma. Dikatakan bahwa sekitar 1.100 orang meninggal dari Kuru selama 1950-an dan 60-an. Karena intervensi pemerintah dan upaya luas untuk mengakhiri kanibalisme, Kuru telah sekarang kebanyakan menghilang.


7.    Von Hippel-Lindau (VHL)

Von Hippel-Lindau penyakit (VHL) dikatakan mempengaruhi satu dalam 35.000 orang. Ini adalah kondisi genetik yang sangat langka yang ditandai dengan pertumbuhan tumor di berbagai bagian tubuh. Banyak tumor akan tumbuh dalam sistem saraf pusat dan sering jinak, tetapi terbuat dari pembuluh darah. Medis dikenal sebagai hemangioblastomas, tumor ini dapat mulai tumbuh di retina, otak, dan sumsum tulang belakang. Tumor yang berbeda juga diketahui tumbuh di pankreas, kelenjar adrenal, dan ginjal. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular.


8.    Microcephaly

Mikrosefali adalah kondisi yang sangat langka yang terlihat langsung saat lahir, dan kadang-kadang bahkan sebelum. Ini mempengaruhi 1 dalam setiap 666.666 di AS Dengan microcephaly, otak tidak dapat berkembang dengan baik, atau dalam beberapa kasus berhenti untuk tumbuh sama sekali, sementara bayi masih dalam kandungan. Hal ini menyebabkan kepala lebih kecil dari kepala bayi normal saat lahir. Banyak yang percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh paparan zat berbahaya sementara dalam paparan, rahim untuk radiasi, atau masalah genetik. Penyakit ini biasanya dipasangkan dengan sindrom Down. Mereka yang memiliki microcephaly biasanya mental terbelakang dan akan memiliki masalah dengan hiperaktif, kekerdilan, kejang, masalah keseimbangan, masalah bicara dan motorik, serta yang lain.


9.    Paraneoplastic Pemfigus (PNP)

Meskipun ada banyak bentuk pemfigus, pemfigus paraneoplastic adalah yang paling umum dan paling serius. PNP adalah penyakit bulosa langka autoimun yang menyebabkan terik. Keratinosit, yang adalah apa yang membentuk, yang terpisah dari satu sama lain epidemus, meninggalkan kesenjangan. Banyak kali kesenjangan menjadi penuh dengan cairan mengelupas, meninggalkan kulit mentah dan terbuka untuk infeksi. Lepuh ini biasanya muncul di mulut, tenggorokan, bibir, dan tempat-tempat acak pada kulit. Penyakit ini juga sangat fatal, karena 90% dari mereka yang didiagnosis dengan penyakit mati karena kegagalan sepsis, multi-organ, atau kanker yang menyebabkan penyakit.


10. Morgellons

Hari ini, Morgellons berdiri sebagai penyakit yang sangat kurang dipahami bahwa beberapa dokter tampaknya percaya jika penyakit menular kronis. Sayangnya, penyakit ini biasanya menodai serta melumpuhkan. Penyakit ini diklasifikasikan oleh menggigit, gatal, atau merangkak sensasi, filamen yang tumbuh dari kulit, dan lesi kulit, serta kehilangan memori, cat sendi, dan kelelahan. Morgellons masih belum diakui oleh seluruh komunitas medis, tetapi sudah ada sekitar 2.000 orang di AS yang percaya bahwa mereka menderita penyakit tersebut. Beberapa laporan adalah anak-anak, yang dikatakan tidak mampu untuk melakukan hal-hal normal seperti pergi ke sekolah atau bermain olahraga. Tidak ada obat diketahui atau pengobatan yang efektif untuk Morgellons.


Sumber : ForumkamiNET

Reaksi:

10 komentar:

  1. apakah semua penyakit yang di atas bisa di sembuhkan dan bagaimana cara nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pd dasar'y semua penyakit psti ada obat'y .. klo blm bisa smbuh brarti blm da obat yg mujarab ^_^

      Hapus
    2. tapi kalau sudah cacat, mana mungkin disembuhkan

      Hapus
  2. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah trnyata da calon dokter yg singgah d mari .. ehehe ..
      sama",, mksh juga udh singgah d mari
      ^_^

      Hapus
  3. cacar termasuk penyakit langka? bukannya setiap manusia akan mengalami cacar?

    BalasHapus