Thursday, 23 February 2012

Beberapa Tips Untuk Mewarnai Rumah


Mewarnai rumah ternyata tidak sesederhana yang kita kira. Salah warna, dampaknya akan berbeda. Berikut adalah tips dari desainer interior David Bromstad:

Pilih furnitur dengan warna netral
Bila Anda mencari cara murah untuk memperbarui penampilan ruangan, pilihlah furnitur besar dengan warna yang netral. Sang perabot akan memudahkan Anda untuk mengubah warna cat, sarung bantal, gorden, dan aksesori lainnya.

Aksesori sebagai inspirasi warna
Jadikan permadani, bantal kursi, pajangan lain yang menjadi favorit Anda sebagai inspirasi warna. Ambil warnanya sebagai pilihan cat dinding, kain gorden, dan hiasan tambahan untuk ruangan yang sama.

Izinkanlah perasaan Anda jadi pemandu
Bila Anda tipe orang yang emosional, pilih warna yang mencerminkan suasana hati Anda. Warna-warna ‘panas’ seperti merah dan oranye akan memberi semangat Anda untuk menjalani hari-hari yang sibuk. Warna ‘dingin’ seperti hijau dan biru akan membuat Anda santai dan tenang. Untuk mendapatkan penampilan formal, pilihlan warna yang sangat kontras seperti cokelat tua dan perak.

Cat sampel
Bila Anda ragu memilih warna dinding, gunakan cat sampel di dinding dengan beberapa warna. Biarkan beberapa hari untuk melihat perbedaan dampaknya terhadap perubahan cahaya.

Aksen tertentu
Satu aksen berwarna tertentu di dinding akan menjadi focal point ruangan. Dampaknya, memberi sentuhan beda tanpa harus menyapu satu warna tersebut untuk seluruh ruangan.

Ulangi satu atau beberapa warna
Buatlah aliran warna di seluruh ruangan dengan mengulangi satu warna atau beberapa warna dari satu ruang ke ruang berikutnya. Misalnya, dinding ruang keluarga berwarna biru, gunakan aksen kaca biru di ruang sebelahnya.

Aksen kecil
Ulangi warna dari satu dinding yang menjadi pusat dari ruangan dengan aksen-aksen kecil di seluruh ruangan yang bisa membuat seluruh ruangan menjadi satu. Upayakan menyebar warna itu dalam porsi kecil di dinding lain seperti hiasan di meja konsul yang merapat di dinding tersebut.

Tambahkan aksesori seperti bantal
Bila rampung menebar warna di ruangan namun Anda masih merasa ada yang kurang, cobalah saran ini. Tambahkan bantal, bingkai lukisan atau foto, aksen kaca berwarna hitam. Tujuannya untuk menguatkan warna-warna lain di dalam ruangan itu.

Pilih rentangan warna cokelat
Bila Anda kesulitan memilih warna untuk ruangan Anda, cara amannya adalah pilihlah rentangan warna cokelat. Letakkan sesuatu di dalam ruangan itu sebuah benda tambahan berukuran besar dengan warna yang berani.

Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment