Thursday, 23 February 2012

Beberapa Makanan dan Minuman yang Membuat Perut Bermasalah


Untuk Anda yang kerap mengalami masalah perut, sebelum menenggak obat-obatan yang tidak jelas, cobalah untuk mewaspadai berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Boleh jadi, dari makanan dan minuman itulah, sumber masalah yang membuat perut bergejolak.


Konsumsi Air
Mengonsumsi terlalu banyak atau terlalu sedikit air bisa berpengaruh pada masalah pencernaan. Terlalu banyak dapat membuat Anda bolak-balik ke kamar mandi, sedangkan terlalu sedikit air bisa juga memicu infeksi. Tanyakan pada dokter Anda, jumlah yang pas untuk Anda konsumsi. Namun, biasanya disarankan meminum 6-8 gelas per hari.


Alkohol
Minuman ini harus dihindari dengan berbagai alasan. Untuk urusan pencernaan, alkohol merangsang kerja perut dan menghambat kontrol gerak pencernaan. Alkohol juga membuat tubuh cepat merasakan dehidrasi yang pada akhirnya membuat iritasi perut.


Kafein
Intinya, adalah kafein. Bentuknya bisa berupa kopi, teh, soda, minuman berenergi, sampai cokelat yang mengandung kafein dalam jumlah besar. Kafein mengandung zat stimulan yang dapat membuat pencernaan lebih aktif dan membuat Anda pipis lebih sering. Cobalah mengganti kopi yang tanpa kafein dan menyantap cokelat yang sedikit kafein seperti cokelat putih.


Zat Asam
Biasanya, ini terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk dan jus yang bisa mengiritasi perut. Buah lainnya seperti lemon, anggur, nanas, hingga tomat.


Makanan Pedas
Makanan seperti ini dapat mengiritasi dinding pencernaan dan membuat sulit kendali gerak perut. Namun, tidak berarti makanan Anda melulu santapan lunak dan tawar. Tambahkan bumbu khusus, bawang, atau bahan-bahan lain dalam makanan Anda untuk menambah cita rasa.


Pemanis
Sejumlah pemanis bisa menjadi masalah untuk pencernaan yang sensitif. Pemanis dapat memperburuk gejala dan memicu iritasi lebih sering. Seperti makanan pedas, Anda harus mencari tahu jenis pemanis yang bikin perut Anda bermasalah.


Bawang
Agar bersahabat dengan bawang, cobalah untuk memasak bawang lebih dulu. Selain itu bisa juga memakan bawang dalam jumlah lebih sedikit atau tanpa bawang sama sekali.


Olahan Susu
Makanan ini bisa tampil dalam bentuk keju sampai krim yang bisa memicu masalah pencernaan. Pastikan olahan susu yang memang membuat perut Anda bermasalah.


Makanan Olahan
Beberapa makanan olahan terbukti tak baik untuk kesehatan, terlebih untuk mereka yang mengalami masalah pencernaan. Bahan pengawet pun memperburuk keadaan pencernaan dan memperparah gejala yang muncul. Cobalah baca label nutrisi dalam makanan dan berusahalah untuk memasak sendiri makanan Anda.


Saus, Kecap, Cuka
Tambahan makanan seperti ini juga dapat membuat iritasi pencernaan. Jika memungkinkan, hindari saja penyedap rasa seperti ini dan gantilah dengan bahan makanan lain yang bisa berfungsi serupa.


Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment