Sunday, 22 July 2012

Akan Seperti Apakah Kehidupan Di Akhirat Kelak




Kehidupan di dunia ini merupakan kehidupan yang fana, dimana segala sesuatunya tidaklah kekal abadi. Apa yang kita miliki di dunia ini hanyalah sebatas titipan untuk diminta pertanggung jawaban di kemudian hari yaitu hari pada saat kita akan memasuki kehidupan yang abadi. Dunia yang kita jalani saat ini seolah menjadi ladang kita untuk mencari bekal menuju kehidupan di ahkirat kelak, barangsiapa yang bercocok tanam dengan kebaikan maka akan menghasilkan kebaikan pula untuknya begitupun sebaliknya, ketika seseorang menanam keburukan di dunia ini maka ia akan berbuah keburukan pula untuknya ketika hendak dan berada di akhirat.

Sungguh indah warna warni kehidupan yang kita jalani saat ini, senang, susah, tawa, dan canda selalu menjadi bagian dari kehidupan ini. Ada golongan orang-orang yang secara finansial dapat dikatakan sebagai orang yang berkecukupan namun secara batin tidak merasakan kebahagiaan, namun tak sedikit pula golongan orang-orang yang berada di bawah garis kemiskinan namun mereka secara batin merasakan kebahagiaan entah karena rasa syukur mereka atau karena hal lainnya. Itulah gambaran sedikit mengenai keadaan yang ada di dunia ini. Pada prinsipnya, jika kita ingin mengejar dunia ini, maka anggaplah bahwa hidup kita abadi selama-lamanya, dengan begitu akan menjadi penyemangat untuk mengais rezeki. Namun, jika kita ingin mengejar akhirat, maka anggaplah bahwa kita akan mati di esok hari, dengan begitu akan menjadi pemacu untuk selalu mengerjakan kebaikan dan menjauhkan keburukan.

Setelah sekian lama hidup di dunia ini, yaitu sekitar 20 tahunan, maka timbul pula pertanyaan mengenai kehidupan di akhirat kelak, akan seperti apakah kehidupan di sana ? akankah seindah dunia ini ataukah lebih buruk dari yang kita alami ? apakah kita akan mempunyai teman yang sama seperti di dunia ini, ataukah hanya akan mendapat 1 teman pendamping atau mungkin hanya hidup sendiri ketika kita di kakhirat kelak ? kemudian,  sampai kapan kita berada di sana ? apakah akan ada lagi kehidupan setelah di akhirat kelak ? sungguh menggetarkan hati ketika mencari jawaban atas beberapa pertanyaan tersebut. Apa yang kita miliki di dunia ini, belum tentu sama dengan apa yang kita miliki di akhirat kelak. Apa yang kita alami di dunia ini mungkin tidak akan sama dengan yang kita alami di akhirat kelak. Ketika malam menjemput, di saat sunyi menyapa, pertanyaan mengenai kehidupan di akhirat selalu membayangi dan menghantui. Ini menjadi misteri bagi kita yang berada di dunia ini, dan hanya akan menemukan jawabannya ketika kita mengalaminya nanti.

Tuhan, jika aku boleh memilih, aku tidak ingin dilahrikan di dunia fana ini, tidak ingin jika nantinya hanya akan berbuat kerusakan dan keonaran. Karena aku tidak cukup kuat untuk menerima siksaan-Mu di akhirat kelak. Karena aku hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa. Aku tak pantas mendapatkan surga-Mu, dan aku tak akan kuat menerima siksaan-Mu. Ampunilah dosa-dosaku dan dosa orang-orang di sekelilingku terutama kedua orang tuaku.

Reactions:

4 comments: