Sunday, 8 July 2012

Memotret Hanya dengan Kedipan Mata


Pernahkah Anda meminta orang untuk mengambil foto Anda saat berlibur dan orang tersebut bertanya, tekan tombol yang mana ya? Jika kamera berikut ini berhasil diproduksi secara massal, mungkin hal tersebut tidak akan terjadi lagi.
Iris Camera mengusung teknologi biometrik yang bekerja dengan mengenali bola mata dan pergerakan mata. Desain Iris Camera sendiri lebih mirip seperti sebuah lensa untuk kamera DSLR. Bagian depan dan belakangnya hanya terdiri dari elemen kaca yang berfungsi sebagai “jendela” untuk melihat dan membidik gambar.
Untuk konektivitas, kamera ini hanya dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi untuk terhubung ke jaringan dan mempercepat kegiatan berbagi foto antar pengguna lewat jejaring sosial atau dapat disimpan di kartu memori SD.
Menggunakan Iris Camera tergolong sangat mudah. Anda hanya perlu menempatkan Iris Camera persis di depan mata, mirip seperti teropong. Iris Camera akan membaca pergerakan mata Anda untuk mengidentifikasi perintah tertentu. Untuk zoom in atau zoom out, misalnya, Anda cukup menyempitkan atau melebarkan mata saja, sedangkan dengan mengedipkan mata sebanyak dua kali maka kamera ini akan mengambil foto.
Berkat teknologi biometrik yang diusungnya pengguna dapat menyimpan profil pengaturan pengambilan foto yang telah dibuat sebelumnya. Pengaturan tersebut mencakup ISO, diafragma dan tampilan layar yang akan selalu digunakan ketika bola mata pengguna dikenali oleh Iris Camera.
Ketika diarahkan ke subjek, kamera secara otomatis akan segera mengenali subjek dan memberikan informasi mengenai subjek seperti misalnya menginformasikan nama tempat, atau akun Facebook milik subjek bersangkutan. Namun untuk menikmati fitur ini sebelumnya, antara pengguna dan subjek terlebih dahulu harus mendaftarkan informasi biometrik miliknya ke dalam kamera.
Saat ini Iris Camera memang masih berupa konsep dan dalam tahap pengembangan. Namun ide canggih di balik Iris Camera ini setidaknya dapat membuktikan bahwa sebuah kamera kini dapat hadir dalam beragam wujud dan dapat dioperasikan tidak hanya dengan tangan.

Cuplikan video mengenai camera tersebut.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment