Thursday, 19 July 2012

WordPress vs Blogspot Dua Raksasa Blogging


Website adalah sekelompok halaman yang ditempatkan di server yang dimaksudkan untuk menyampaikan atau mengumpulkan informasi. Hal ini diatur sedemikian rupa sehingga Anda dapat menavigasi dari satu halaman ke lain di internet dengan link yang disediakan. Ada banyak jenis website yang ada. Ada website untuk menjual produk, untuk menyediakan dukungan purna jual, dan bahkan ada website yang beroperasi hanya pada informasi.
Nah, sebuah blog adalah jenis salah satu subkategori website yang dapat dibangun. Sebuah blog adalah media informal untuk berbagi berita, informasi, pandangan, ide-ide, dll. Anda tidak perlu memiliki keterampilan mendalam dalam membuat halaman web sendiri selama Anda dapat mengikuti format dasar dari CMS untuk nge-blog.
Blog bisa menjadi pilihan bagi mereka yang tidak mau susah-susah untuk membangun struktur yang diperlukan dan link yang akan mengarah ke berbagai halaman. Jika Anda ingin membuat sesuatu yang akan cocok dalam format blog dan Anda tidak benar-benar ingin mempelajari cara kerja bagian dalam membangun website maka *blogging* adalah pilihan terbaik untuk Anda. Anda bisa memulai membuatnya dalam waktu singkat.
Ada *theme* atau template yang bahkan *preloaded* yang dapat mengurus sebagian besar tugas-tugas yang perlu Anda lakukan dalam mendirikan sebuah blog. Tugas satu-satunya yang blogger harus lakukan adalah mengurus konten yang mereka akan masukan. Dan blogger harus menjaga kualitas isi nya sehingga pembaca akan terus datang kembali.
Tetapi jika Anda ingin membangun sebuah website yang akan memerlukan menambahkan banyak konten, menu, dan bantuan navigasi lainnya, maka Anda akan perlu untuk membuat website Anda sendiri karena hal tersebut berada di luar kemampuan blog.
Nge-blog kini bukan hanya sekedar hobi, namun ini juga telah dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis yang tentunya menguntungkan. Sehingga banyak orang menekuninya dengan serius. Jika Anda berencana untuk memulai blog Anda sendiri, ada sejumlah situs yang menawarkan layanan hosting mereka, yang paling menonjol adalah Wordpress vs Blogspot.
WordPress dan Blogspot adalah raksasa di dunia blogging. Terdapat beberapa perbedaan pada kedua layanan blog ini. Blogspot menawarkan layanan gratis, yang dilengkapi dengan iklan yang mereka tampilkan. Sementara Wordpress, meskipun Anda bisa mendapatkan sebagian besar layanan Wordpress secara gratis, ada beberapa yang hanya tersedia setelah Anda membayar untuk berlangganan premium. Blogspot benar-benar gratis sedangkan pembayaran diperlukan untuk fitur premium dari WordPress.
Perbedaan lain antara Wordpress vs Blogspot adalah Javascript. Blogspot memungkinkan Anda untuk memasukkan script pihak ketiga ke blog Anda, meskipun mereka tidak menyediakan sendiri. Sebaliknya, Javascript tidak diperbolehkan dalam blog Wordpress. Di satu sisi Anda mendapatkan antarmuka yang lebih interaktif, sementara di sisi lain Anda mendapatkan antarmuka yang lebih bersih dan lebih cepat. Jadi terserah kepada pengguna untuk memutuskan apa yang lebih penting baginya.
Kedua layanan memungkinkan pengguna untuk membuat blog pribadi, yang tidak terlihat oleh masyarakat umum. Perbedaan dalam aspek ini antara Wordpress vs Blogspot adalah siapa yang dapat melihat mereka. Dengan Blogspot, Anda dibatasi sampai dengan 100 orang yang dapat melihat *private post* atau posting pribadi dan para pengguna juga harus memiliki account Blogspot. Sebagai perbandingan, Wordpress tidak menempatkan batasan apapun kepada siapa dan berapa banyak pengguna dapat diundang untuk melihat posting pribadi Anda.
Terakhir, WordPress memungkinkan Anda untuk melindungi posting Anda dengan password, dimana ini merupakan cara lain sehingga Anda dapat membatasi siapa yang dapat melihat isi dari posting Anda. Ini adalah fitur lain yang tidak Anda dapatkan ketika menggunakan Blogspot.
Satu hal yang harus perhatikan adalah Blogspot dimiliki oleh Google dan mengintegrasikan beberapa layanan yang mereka tawarkan. Yang paling penting adalah Google Adsense. Ini adalah program gratis yang memberdayakan *publisher online* untuk memperoleh penghasilan dengan menampilkan iklan yang relevan pada berbagai macam konten *online*. Hal ini sangat penting jika Anda ingin blog yang Anda sedang bangun akhirnya berpenghasilan selain dari penjualan yang Anda lakukan via blog tersebut.

Reactions:

5 comments: