Saturday, 20 August 2011

Macam-macam Makrifat



Diantara manusia ada yang mengeal kepada Allah dengan loyal dan berbuat baik. Diantaranya ada yang mengenal-Nya dengan maha pengampunan, dan suka mengampuni kesalahan. Diantara mereka ada yang mengenal-Nya dengan sangat menyiksa. Dan diantara mereka ada yang mengenal-Nya dengan kemuliaan dan kecongkakan. Diantara mereka ada yang mengenal-Nya dengan belas kasih. Diantara mereka ada yang mengenal-Nya dengan Maha Perkasa dan memiliki kerajaan. Diantara mereka ada yang mengenal-Nya dengan mengabulkan doa, menolong orang yang butuh dan hajat tercapai.

Dan yang paling alim di antara mereka adalah orang yang mengenal Allah dengan mengerti maksud firman-Nya, sesungguhnya ia akan mengenal Rabb yang memiliki beberapa sifat kesempurnaan dan keagungan, yang Maha Bersih dari segala missal, juga dari beberapa kekurangan dan aib. Dia memiliki setiap baik dan setiap sifat mulia, Maha Melakukan apa yang dikehendaki, di atas segala sesuatu, dan bersamaan segala sesuatu, Maha Kuasa segala sesuatu, menegakkan segala sesuatu, Dia memerintah. Dia melarang berbicara dengan kalimat agama dan alam. Dia Maha Besar dari segala sesuatu, lebih indah dari segala sesuatu, Maha belas kasih, Maha Kuasa, lagi Maha Bijak.

Al-qur’an diturunkan untuk mengenalkan hamba-hamba-Nya tentang Dia, lalu jalan menuju kepada-Nya dan keadaan para murid setelah sampai kepada-Nya.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah.Memetik Manfaat Al-Qur’an. Daar Al Yaqiin li An Nasyar wa At Tauzii’, Mesir, Al Manshur.2000.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment