Monday, 21 May 2012

Ajaran dan Jalan Kematian Menurut Syekh Siti Jenar



 Syekh Siti Jenar beranggapan bahwa dunia ini adalah alam kematian. Maka, manusia yang hidup di dunia bersifat mayat atau bangkai. Kehidupan di dunia sekarang ini bukanlah kehidupan yang sejati, karena masih akan dihampiri oleh kematian. 

Sedangkan hidup sejati adalah kehidupan yang sudah tidak tersentuh lagi oleh kematian. Hidup sejati adalah kehidupan yang tidak lagi menumpang pada badan wadah yang bisa tusak atau musnah. Kehidupan sejati tidak membutuhkan pemenuhan nafsu-nafsu badaniah. 

Dalam al-qur’an terdapat pernyataan “Innaka mayyatun wa innahum mayyitun” (Sesungguhnya kamu itu hanya mayat, bangkai dan mereka pun hanya mayat (QS Al-Zumar : 30). Dalam al-qur’an dibedakan antara mayat dengan maut. Maut bermakna kematian, sedang mayat adalah benda yang mengalami kematian alias bangkai. Kata mayat juga terdapat dalam QS. 23: 15 dan 37: 58. Intinya sama, penekanan sifat mati, atau sebagai mayat, atau bangkai. Itu semua adalah penyandangan sifat kehidupan dan kematian manusia di dunia. 

Syekh Siti Jenar menuturkan bahwa “Hayyun da imun la yamutu Abadan”. Hidup itu bersifat daim, kekal selamanya, tidak pernah ada kematian. Inilah hakikat hidup. Allah sendiri menyandang nama al-Hayyu. Roh manusia berasal dari kehidupan yang hakiki dan akan kembali kepada kehidupan hakiki. Namun, di dunia ini, zat hidup memerlukan awak (ahlab = wadah) yang bersifat bangkai sesuai duniawi. Maka begitu roh tergiring ke alam wujud, maka ia akan menempati bangkai sesuai sarana persemayamannya. Syekh Siti Jenar menandaskan bahwa “kullu ‘alamin mawjudun”, setiap alam ada eksistensinya. Peragaan roh dalam “bangkai” di dunia tidak lain agar sang roh yang azali itu bisa bereksistensi di alam kematian dunia. 

Itulah sebabnya, di dunia, manusia hanya disebut sebagai khalifatullah, sang wakil Allah; perjalanan hidupnya disebut ‘bidullah, hamba Allah. Maka, fungsi duniawi haruslah ditujukan kepada hal yang bersifat azali, pangkat khalifatullah kemudian musnah, demikian juga sifat khalifahnya dan keadaan ‘abidullah, musnah pula kondisi ‘abid-nya, dan yang tinggal hanya satu: “Allah”.

Sumber :
K.H. Muhammad Sholikhin. Ternyata Syekh Siti Jenar Tidak Dieksekusi Wali Songo. Erlangga. Boyolali: 2008.

Reactions:

12 comments:

  1. Bila diantara Anda ada yang ingin menyelami kedalaman pemahaman Syekh Siti Jenar, saya bersedia kirimkan buku tentang Guru Sejati yang dapat memberikan petunjuk Cahaya dan Suara Bathin, petunjuk awal pintu gerbang bathin mengenali kesejatian diri Anda. Silahkan SMS ke 0817 689 3113. Buku (edisi bahasa Indonesia) dikirimkan gratis sampai ke alamat Anda tanpa embel apa-apa.

    Tersedia juga buku spiritual pencerahan yang membahas syair pujian Jalaluddin Rumi kepada Gurunya, berjudul “Shams-e Tabrizi” (khusus bagi pembaca yang menguasai bahasa Inggris, sebab belum diterjemahkan). Buku ini juga gratis dan dikirimkan dalam jumlah terbatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ass.Wr.Wb.
      Perkenalkan nama saya Atyanto Ahadyat, Laki2, Usia 52 Thn, Alamat Perumahan Gaperi Satu Blok G3 No.17 RT003 RW017 Kel.Bojonggede Kec.Bojonggede, Bogor - 16320
      Saya berminat sekali atas buku Syech Siti Jenar (menyelami kedalaman pemahaman Mbah Syech). Untuk itu mohon kami dikirimkan ke alamat tsb.diatas. Sblm dan sesudahnya saya hatur banyak terimakasih.

      Delete
  2. Assalamu'alaikum
    Maaf bang, aku pingin mempelajari ilmu tsb. Bisakah abang mengirimnya ke saya Nanang Karim d/a Polda Sulut Jl Betheda No. 62 Sario,, krn aku ingin memperdalam lagi Ilmu Hakikat dan Ma'rifat...

    ReplyDelete
  3. assamualikum wrwb..
    sy slh satu org yg menganut aliran syech siti jenar krn sy bekerja d luar daerah jd sy jarang ikut pengajian,,,sy berterimaksh sekali klo ab bisa krm buku buat menambah pendalam ilmu buat sy...nasrizal d/a:LANAL BANGKA BELITUNG Jln pelabuhan tg gudang BELINYU_BANGKA BABEL...sekli lg termaksh byak sblm nya bang..


    ReplyDelete
  4. Selamat siang,

    Perkenalkan sy alia,sy ingin sekali punya buku syech siti jenar, tapi posisi sy agak jauh kebetulan tinggal di jepang, apakah bisa dikirim ke alamat saya di sini? Kochi-shi,kochi-ken sasaki-cho 37-7-Japan.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allah itu lebih dekat dari urat lehermu,tengoklah kedalam tdk bersuara dan tidak berhuruf

      Delete
  5. Saya berminat dng buku ini
    Jatin bin apah
    Smk taun gusi
    Prti surat 81
    89157
    Kota belud
    Malaysia.
    Sabah
    Email jatinapah91@gmail.com

    ReplyDelete
  6. Jadilah dirimu sendiri itulah kudrat yg diberikan sang illahi

    ReplyDelete
  7. Berimanlah kpd Allah HU,suatu saat Dia juga yg datang menjemputmu

    ReplyDelete
  8. JOK0 PURYANTO
    Assalammu alaokuum wr.wb
    Karna.kajian saya dari guru mursid tentang hakikat dan ajaran nya melalui tarap tertentu barangkali.bisa kami pelajri untuk.memperkuat pahaman d/a Ngablak RT 10/RW04 . Kel.Kroyo,Kec.Karang malang, kab.Sragen
    Jawa tengah

    ReplyDelete