Monday, 21 May 2012

Lemak Tersimpan di Pinggang Hingga 3 Jam Setelah Makan



Sebelum menyantap makanan berlemak yang dapat memanjakan lidah, Anda mungkin perlu mengetahui fakta berikut ini. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lemak dapat tersimpan di pinggang selama 3 jam.

Penelitian ini memberikan bukti mengapa makan banyak secara terus menerus dapat memicu bertambahnya lingkar pinggang seseorang. Sebelumnya, para peneliti mempercayai bahwa proses tersebut membutuhkan waktu jauh lebih lama.

Peneliti dari University of Oxford tersebut melakukan analisis untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengkonversi lemak dari makanan ke jaringan lemak.

"Kami menemukan bahwa setelah makan, lemak makanan tersebut memasuki darah sekitar satu jam kemudian. Tiga atau empat jam kemudian, sebagian besar lemak masuk ke dalam jaringan adiposa di sekitar pinggang kita," papar Profesor Fredrik Karpe dari University of Oxford, dikutip melalui The Telegraph (16/5).

Hasilnya ditemukan bahwa rata-rata orang menambah hingga tiga sendok teh lemak dan akan tersimpan di pinggang. Untuk makan besar berisi 30 gram lemak, hasilnya setara dengan 2-3 sendok teh lemak.

Karpe menambahkan bahwa jaringan lemak hanya tersimpan di sekitar pinggang dalam jangka pendek dan dapat digunakan sebagai energi selama melakukan olahraga. Namun, jika seseorang terus makan secara berlebihan, lemak akan ditransfer ke bokong, pinggul, dan paha untuk disimpan dalam waktu jangka panjang.

Sumber : Ghiboo.com

Reactions:

0 comments:

Post a Comment