Wednesday, 21 September 2011

Sejarah Sistem Operasi Mobile Symbian




Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran; Tidak seperti Symbian OS, yang membutuhkan beberapa sistem antarmuka pengguna, Symbian menyertakan sebuah komponen antarmuka pengguna berdasarkan S60 5th Edition. Versi terakhirnya yaitu Symbian^3 sudah secara resmi dirilis pada kuartal 4 tahun 2010 lalu, pertama kali digunakan pada ponsel Nokia N8.

Symbian OS aslinya dikembangkan oleh Symbian Ltd.. Ini merupakan keturunan dari EPOC dari Psion dan berjalan secara eksklusif di prosesor ARM, walaupun telah ada x86 port yang belum dirilis resmi ke publik. Device berbasis Symbian telah mencakup 29.2% pangsa pasar ponsel pintar dunia pada kuartal pertama tahun 2011. Beberapa perkiraan mengindikasikan bahwa jumlah kumulatif dari ponsel-ponsel yang dipaketkan dengan Symbian OS ini hingga akhir kuartal 2 tahun 2010 lalu berjumlah 385 juta. Hingga 5 April 2011, Nokia merilis Symbian di bawah lisensi baru dan dikonversikan ke model sumber kepemilikan yang dibagikan, berlawanan dari proyek kode sumber terbuka atau open source.

Sejarah

Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Akar Dari Symbian dan Symbian Foundation peregangan Dilaporkan ke akhir Dari komputasi mobile, ketika Pikiran Cerdas Bersatu di sekitar gagasan untuk menemukan cara Terbaik untuk memobilisasi komputasi-untuk membantu Orang melakukan hal Yang lebih Baik, lebih Cepat, sekarang.

Dari hari-hari awal, gagasan yang menjadi Symbian adalah semua tentang kolaborasi-dimulai dengan awal tahun 1980-an David Potter desain game dan software kantor produktivitas untuk komputer pribadi Sinclair, sebuah kemitraan yang meluncurkan “Psion” nama. Dari hari-hari akhir, gagasan Yang menjadi adalah Symbian * Semua Tentang kolaborasi-dimulai years Artikel Baru akhir 1980-sebuah David Potter desain produktivitas perangkat lunak dan peralatan permainan untuk Komputer Pribadi Sinclair, sebuah kemitraan Yang meluncurkan “Psion” Nama. Program-program membantu melahirkan pada tahun 1984 kepada Pelaksana Psion, komputer pertama genggam di dunia-dan salah satu yang cepat akan mendukung database sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL. Program-program membantu melahirkan years PADA 1984 kepada pelaksana Psion, Komputer genggam Pertama di Dunia-dan salah Satu Yang Cepat akan mendukung database Sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL.

Dukungan kolaborasi dari industri untuk tumbuh kekuatan basis software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah pada tahun 1998 dari Symbian, perusahaan patungan antara produsen Psion dan telepon Ericsson, Motorola, dan Nokia. Dukungan Dari kolaborasi industri untuk Kekuatan dasar Tumbuh software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah years PADA 1998 Dari Symbian, ANTARA patungan anak pajak tangguhan Produsen dan Telepon Psion Ericsson, Motorola, dan Nokia. Selama beberapa tahun berikutnya Symbian membantu membawa ledakan inovasi-perangkat selular dengan perangkat lunak Symbian di dasar lebih dari 100 juta ponsel pada tahun 2006. Selama beberapa years berikutnya Symbian membantu membawa ledakan Inovasi-perangkat seluler perangkat lunak Symbian Artikel Baru di ditempatkan lebih Dari 100 juta ponsel PADA 2006 years.

Pada tahun 2008, langkah berikutnya dari evolusi Symbian berlangsung, dengan Nokia pembelian seluruh aset Symbian dan mulai menyusuri jalan setapak perangkat lunak untuk open source. PADA Tahun 2008, Langkah berikutnya Dari Evolusi berlangsung Symbian, Artikel Baru Nokia seluruh Aset Pembelian Symbian dan menyusuri jalan setapak Mulai perangkat lunak untuk open source. Sebagai Symbian Foundation dan seluruh anggotanya melihat ke masa depan dan miliaran mendatang perangkat mobile saling berhubungan, maka akan inovatif kolaborasi-bekerja sama-yang akan membantu membuat orang lebih produktif, lebih kreatif dan lebih terhibur dari sebelumnya. Sebagai Symbian Foundation seluruh anggotanya dan Melihat ke Masa Depan dan miliaran mendatang saling berhubungan perangkat mobile, Maka akan inovatif kolaborasi-bekerja akan membantu sama-yang Membuat Orang lebih Produktif, Kreatif lebih dan lebih Dari terhibur sebelumnya.

Sumber : Kaskus

Reactions:

0 comments:

Post a Comment