Sunday, 18 September 2011

Tahukah Anda, Empat Malaikat Yang Memiliki Tingkatan Tertinggi Disisi Allah?




1.     Israfil
Adalah malaikat yang pertama kali sujud kepada Adam. Dialah pemilik sangkakala yang jika ditiup, maka nyawa-nyawa akan kembali ke tubuh masing-masing dan orang mati akan hidup kembali. Dia disebut juga sebagai pemanggil orang-orang mati, karena pada hari kiamat ia akan memanggil orang-orang mati seraya berkata, “Wahai orang-orang yang telah hancur, bangkitlah kalian!”. Maka, mereka pun bangkit.

2.     Jibril
Adalah malaikat yang dijuluki dengan kepercayaan Allah (Aminullah). Juga disebut dengan “Waliyu al-Anbiya” karena dia adalah penyampai wahyu Allah kepada para Nabi serta menjauhkan dari musuh-musuh mereka. Ia disebut juga dengan “Ruh al-Quds” yang aroma tercium (kehadirannya diketahui) serta memberikan kehidupan. Tempatnya adalah di “Shidratu al-Muntaha”.

3.     Mikail
Adalah malaikat terdekat yang mebawa berkah. Ia dipanggil dengan Pembagi Rezeki karena bertugas membagikan rezeki kepada hamba-hamba-Nya.

4.     Izrail
Adalah malaikat mulia (agung) yang mendapat tugas dari Allah untuk mencabut ruh. Dia disebut sebagai malaikat maut; kemana pun dia pergi, dia tidak akan kembali sebelum mencabut nyawa.

Ridha Jahid.Tahukah Anda?.Jakarta:Cahaya. 2006

Reactions:

42 comments:

  1. terima kasih atas informasi tetang malaekat di situs saudara.

    ReplyDelete
  2. mohon di koreksi :
    1. 4 malaikat ini bukan yang tertinggi di sisi Allah SWT
    2. Malaikat Jibril As bukan di sidrotul muntaha
    3. Malaikat Israfil bukan yg prtama kali sujud kpd Nabi Adam As

    note : kalau memang antum serius, maka lebih berhati-hatilah dlm menyampaikan.. umat tersesat antum terkena imbasnya, naudzubillah. Wallahul Mustaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @distributorjilbab : TAEK LO!!! lo yg gak tanggung jawab!!ngasih komen langsung pergi aja,gak ngasih solusinya, klo gtu lo gak beda ama kebo "berak".

      Delete
    2. @anonim.Loe orang orang punya etika gak ya.Baru aja berkoar-koar layaknya seorang ulama yang ngajari agama tentang Syeikh Siti Jenar,tapi sekarang ketahuan siapa kamu sebenarnya.Ngomong gak pake otak.Gak ada gunanya seluruh komen loe tentang agama menyinggung siti jenar tadi,tp ucapan loe ucapan org diluar Islam.Gaya Loe tadi kayak udah Ulama tingkat tinggi aja tapi perilaku ucapan loe lebih hina dari binatang kotor.Naudzubillah.....

      Delete
  3. @distibutorjilbab : agar tidak terjadi salah paham jika anda menyalahkan tu anda harus membawa yg benarnya ...silahkan di jelaskan yg mnurut anda benar gmn jngan cuma nguap,kami yg awam jadi bingung nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyalahkan, sebaiknya memberi pembenarannya, supaya yang disalahkan itu tahu, kalau yang benar itu seperti ini itu.

      Delete
    2. Nah, Kalo seperti mas Toni ini cara negurnya kan enak,dengan lembut,jgn kayak anonim,gaya lo aja sok ngajarin yg paling benar bahkan nyalahkan kelompok organisasi islam yg lain,tapi etika dan sopan santun bicara loe kayak manusia primitif loe.Gue Ingat pepatah "Semut di ujung lautan kelihatan,Gajah dipelupu mata gak kelihatan"ya itu loe anonim yg dimaksud

      Delete
  4. @distributorjilbab : atas dasar pa anda mengatakan hal demikian ? berdasarkan sumber yg saya baca sperti dalam sumber postingan ini mengatakan bahwa hal demikian memang adanya ..
    masalah benar atau tidak, smua jg tidak tahu secara mutlak karena kebenaran hanya ada di sisi ALLAh swt .. kita sbg manusia hnya bisa menduga dengan berdasarkan al-qur'an dan hadis ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @kusnadi
      nie orang gak ada kata lain,selain kata "setuju"

      Delete
    2. wkwkwk ,, mngkin hanya kata itu yg terlintas di pikiran dia .. hehehe .. peace :)

      Delete
    3. INTINYA KALO POSTING JANGAN ASAL, LIHAT SUMBERNYA YANG TELITI, NORAK NI YANG POSTING

      Delete
    4. ni da sumber'y >> Ridha Jahid.Tahukah Anda?.Jakarta:Cahaya. 2006

      Delete
  5. Mengenai 4 malaikat tersebut Bisa dibaca dalam kitab 'aqiidatul mu'min ,karangan Abu Bakar Jaabir aljazaairi ,Daarul kutub,Kairo

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bagaimana ? sama atau beda penjelasan'y anara yg da di karangan ente sama yg ada d bacaan ni ? :)

      Delete
  6. Artikel di atas hanyalah karanga semata. Untuk kebenaranya masih di ragukan.

    Sesungguhnya Allahlah yang maha mengetahui yang Gaib.

    ReplyDelete
  7. benar atau tidaknya artikel di atas tidak perlu dipermasalahkan..
    yang terpenting kita meyakini adanya malaikat Alloh dan tugasnya yang begitu mulia.

    ReplyDelete
  8. islam keparat
    tukang poligami
    kontol klen islam
    anjink

    ReplyDelete
    Replies
    1. cemen amat,, brani comen kyk pake'y anonim ..

      Delete
    2. yang posting seperti ini Anonim22 Oktober 2012 23.51

      islam keparat
      tukang poligami
      kontol klen islam
      anjink itu lebih renda daripada binatang yang asal bunyi tampa perhitungan.

      Delete
  9. INTINYA KALO POSTING JANGAN ASAL, LIHAT SUMBERNYA YANG TELITI, NORAK NI YANG POSTING

    ReplyDelete
    Replies
    1. ni da sumber'y >> Ridha Jahid.Tahukah Anda?.Jakarta:Cahaya. 2006 ..

      Delete
  10. wkwkwkkwkwk pada ribet..... d Al-Qur'an yg bnyk nongol tu cuman nama 4 malaikat tu aza mungkin benar mas bro.........

    ReplyDelete
  11. terima kasih atas infonay bagus sekali

    ReplyDelete
  12. gt aj kok repott... gni ini yg bkin indonesia tmbah mju,, tp di dpan ad jurang jd langsung amblass

    ReplyDelete
  13. Saya orang awam yang tak mengerti mengapa satu agama bisa berbeda pandangan, mencoba berkomntar :
    "Yakni, manusia diciptakan berbeda2.
    Pendapatpun pasti akan berbeda2.
    Begitupun yang telah terjadi ketika manusia memiliki aliran dan pemahaman agama masing2. Mungkin sudah lebih dari 4 mazhab dan bahkan sudah puluhan. Namun, semua nya tergantung rasa ikhlas dalam beribadah kepda Allah dan rasulNya.
    Dalam hal inipun juga. Mungkin ada yang memakai kitab A, B, C, D dan lain2.
    Yang terpenting bagi saya adalah bagaimana kita memahami dunia ini dengan rasa ikhlas beribadah kepada Allah tanpa harus mengungguli mana kitab yang paling benar menurut kita.
    Allah satu, Muhammad SAW pun juga satu. Mengapa kita harus membedakan tuntunan yang sesungguhnya??
    Hidup karena Allah. Matipun karena Allah."

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener baca & pahami isi al'quran .cukup itu aja.

      Delete
  14. Saya hanya mau nambahkan jika pendapat saya bisa menjadi bahan rtenungan.Menurut saya.
    kenapa manusia dikatakan sebagai Khalifah di muka bumi krna manusia itu terbentuk diantaranya adalah dari malaikat dan setan/iblis. Jadi malaikat dan setan itu sebenarnya ada dalam diri manusia itu sen diri. Nah sekarang sebagai khalifah, manusia harus bisa mengendalikan semuanya secara seimbang,

    ReplyDelete
  15. info menarik aku baca. terima kasih.

    ReplyDelete
  16. bagus, sangat menambah wawasan......lanjutkan!

    ReplyDelete
  17. Menurut kisah Adam diturunkan di (Sri Lanka) di puncak bukit Sri Pada dan Hawa diturunkan di Arabia. Mereka akhirnya bertemu kembali di Jabal Rahmah di dekat Mekkah setelah 40 hari berpisah

    ReplyDelete
  18. konon Adam dan Hawa menetap di Sri Lanka, karena menurut kisah daerah Sri Lanka nyaris mirip dengan keadaan surga. Di tempat ini ditemukan jejak kaki Adam yang berukuran raksasa.

    ReplyDelete