Monday, 10 October 2011

Inilah Sejarah Burger



Burger atau Hamburger merupakan makanan sejenis Sandwich. Terdiri dari roti bulat agak pipih dan dibelah dua. Ditengahnya disisipkan lempengan daging cincang berbumbu, disajikan dengan daun slada, irisan tomat, timun dan aneka saus. Kata burger merupakan singkatan dari hamburger.
Dewasa ini ada banyak bentuk burger. Burger biasanya disajikan dengan cara di grill, namun ada juga yang di goreng. Daging yang digunakannya pun bermacam macam. Ada daging sapi ada pula daging ayam, ikan, udang, dan tahu untuk yang vegetarian. Ada yang diproses secara tradisional dan modern. Daging burger ada yang diolah secara tradisional dan pabrikan. Proses pabrikan umumnya bentuknya tipis-tipis dan mudah didapat di pasar swalayan. Daging burger jenis ini sudah banyak di pasaran dan masyarakat pun dapat dengan mudah membuat variasi burger.
Burger atau Hamburger sudah dikenal ribuan tahun lalu. Ada banyak teori yang mengatakan asal mula burger ini. Ada yang menyebut burger pertama kali muncul di Hamburg, Jerman pada abad pertengahan. Saat itu Hamburg merupakan pusat pertemuan antar pedagang dari Arab dan Eropa. Saat itu para pedagang Arab sering makan makanan yang disebut Kibbeh, berupa daging kambing cincang dicampur dengan rempah-rempah lantas dipanggang. Penduduk Hamburg kemudian mulai berkenalan dengan makanan ini, hanya saja mereka menggantinya dengan daging sapid dan mengolahnya dengan teknik memasak ala mereka sendiri. Dari sinilah kemudian munculah nama Hamburger Steak yang kemudian menjadi sangat popular.
Kata Hamburger pertama kali muncul pada buku milik Delmonico restoran di New York pada tahun 1834. Sedangkan roti untuk hamburger sendiri yang disebut bun, menurut sejarahnya muncul saat diciptakan oleh J. Walter Anderson, seorang koki istana dI tahun 1916. Semenjak itu daging burger dan roti bun bertemu menjadi hamburger seperti dikenal sekarang ini.
Hamburger sekarang ini telah mendunia. Hampir disemua Negara dapat ditemui makanan khas ini. Saat ini hamburger tidak hanya dapat dinikmati di hotel hotel, restoran atau jarangan rumah makan cepat saji, tetapi di mini café, counter pinggir jalan dengan aneka cita rasanya. Di Indonesia, hamburger bahkan sudah begitu populer terutama dikalangan anak-anak, remaja dan kaum muda. Rasanya yang enak dan mudah dinikmati di mana saja dan kapan saja, sehingga menjadi makanan pilihan bagi kaum urban.
Burger vegetarian adalah burger yang dibuat bagi orang-orang vegetarian. “Daging” yang ada di burger vegetarian sebenarnya terbuat dari sayuran, kacang tanah, produk susu, jamur, protein kedelai, gluten dari tepung, telur, atau kombinasi. Burger vegetarian terkadang adalah makanan vegan.
Burger vegetarian saat ini berkembang di beberapa restoran cepat saji di Amerika Utara, namun ketersediannya masih sedikit walaupun restorannya sama. Sejak April 2005, burger vegetarian tersedia di seluruh restoran Burger King dan beberapa Subways, begitu juga beberapa restoran cepat saji lainnya, seperti Red Robin, Chilis, Denny’s, Johnny Rockets, Ruby Tuesday’s dan Hard Rock Cafe. Banyak kafe “sendok plastik” juga menyediakan burger vegetarian. Di negara vegetarian seperti India, McDonald’s menyediakan burger vegetarian, begitu juga dengan penganan lainnya.
Burger tanpa daging yang dibuat oleh Boca, Gardenburger, dan Morningstar Farms dijual di banyak supermarket di Amerika Serikat dan Kanada.
Burger vegetarian pertama kali dibuat di London ditahun 1982 oleh Gregory Sams, yang menyebutnya ‘VegeBurger’. Gregory dan kakaknya Craig telah membuat restoran makanan alami di Paddington sejak tahun 1960. Sebuah hypermarket Carrefour di Southampton, terjual burger vegetarian sebanyak 2,000 tiga minggu setelah pertama kali dijual, seperti yang dilaporkan koran The Observer di tahun 27 Februari, 1983.

Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment