Wednesday, 26 October 2011

Mengenal Sejarah Mikrobiologi



Beberapa ahli yang pertama kali berjasa dalamperkembangan mikrobiologi adalah Robert Hook (1665) dan Anton van Leeuwenhoek serta beberapa ahli yang terlibat langsung pada pengembangan teori kuman penyakit (the germ theory of disease). Salah satu penemuan terpenting pada sejarah biologi terjadi pada 1665 oleh Robert Hook.

Robert Hook merupakan ilmuwan yang berkebangsaan Inggris yang pertama kali menemukan Mikroskop. Ia telah melaporkan bahwa jaringan gabus tumbuhan terdiri dari kotak kecil memiliki dinding dan mengusulkan dengan istilah "cell" dan yang pertama kali membuat deskripsi mikrobia.

Anton van Leeuwenhoek (1674) merupakan ilmuwan yang berkebangsaan Belanda. Antan van Leeuwenhoek mikrobiologist (Bapak mikrobiologi) yang pertama kali menggunakan mikroskop untuk melihat benda bergerak dari cairan lada yang terendam air hujan mikrobia yang disebut animalcules dan ditulis di dalam laporan ke Royal Society of London. Leeuwenhoek merupakan ahli yang pertama kali menggambarkan bakteri dan protozoa dan menghubungkan mikrobia dengan penyakit.

Teori Generasi Spontan
Teori Generasi spontan menyatakan bahwa jasad hidup muncul secara spontan dari bahan organik non hidup. Teori Generasi spontan dikenal dengan teori abiogenesis.

Teori Biogenesis
Louis Pasteur (1822-1895) dengan melalaui serentetan percobaan pada 1861 mendemonstrasikan bahwa mikrobia terdapat dimana-mana di udara dan mengkontaminasi kaldu steril, tetapi udara tersebut tidak memproduksi mikrobia.

Era Emas Mikrobiologi
Ilmu mikrobiologi mengalami perkembangan yang pesat dan mengalami kejayaan berlangsung antara 1857-1914 terutama sejak penemuan Pasteur dan Koch yaitu penemuan agensia penyebab penyakit, peran immunitas di dalam pencegahan dan pengobatan suatu penyakit.

Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment