Monday, 2 May 2011

Tipe-Tipe Mimpi

Ada beberapa tipe mimpi yang biasa dialammi oleh seseorang, seperti:
  1. Lucid Dreaming. Lucid dreaming adalah mimpi dimana Anda menyadari bahwa Anda sedang bermimpi. Dalam mimpi ini, kita dapat mengontrol segala tindakan kita. Anda juga dapat memutuskan apa yang harus Anda mimpikan nanti, sebelum tidur, kemudian memimpikan tentang hal-hal yang sudah Anda rencanakan sebelum tidur tadi.
  2. Mimpi Berulang. Mimpi berulang adalah mimpi yang pernah kita mimpikan sebelumnya. Mimpi mungkin berulang terjadi karena konflik yang digambarkan dalam mimpi masih belum selesai. Biasanya setelah Anda menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut, mimpi berulang Anda akan berhenti.
  3. Mimpi Buruk. Mimpi buruk adalah mimpi yang mengganggu dan dapat menimbulkan perasaan cemas dan takut. Mimpi buruk mungkin merupakan respons terhadap trauma situasi yang terjadi di kehidupan nyata. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang yang mengalami mimpi buruk biasanya memiliki riwayat keluarga yang memiliki masalah kejiwaan.
  4. Melamun (Day Dreams). Melamun merupakan tingkat kesadaran seseorang antar tidur dan terjaga. Studi menunjukkan bahwa setiap orang memiliki kecenderungan untuk melamun rata-rata 70-120 menit sehari. Melamun merupakan bayangan spontan akan pengalaman masa lalu atau pun masa depan. Saat Anda melamun, Anda mengakses otak kanan Anda, yang merupakan sisi kreatif dan feminin dari kepribadian Anda. Melamun positif atau membayangkan hal-hal yang baik, sangatlah bagus karena hal tersebut dapat mengurangi stres.
  5. Precognitive Dreams. Ini adalah mimpi dimana Anda benar-benar melihat masa depan. Anda memimpikan seseorang, tempat, atau situasi yang mungkin sedang terjadi dalam kehidupan Anda atau akan terjadi di masa depan kelak. Prophetic dreams juga merupakan precognitive dreams, jenis mimpi ini juga meramalka masa depan Anda. Pikiran bawah sadar Anda tahu apa yang akan terjadi sebelum Anda sadar dan mengumpulkan informasi yang sama.
  6. Mimpi biasa. Pada siang hari pikiran sadar kita yang aktif, tapi pada malam hari alam bawah sadarlah yang mengambil alih. Mimpi biasa didasarkan pada aktifitas bawah sadar dalam menanggapi apa yang kita lihat dan dengar ketika bangun, kemudian kita memimpikannya.

Reactions:

0 comments:

Post a Comment