Thursday, 9 June 2011

Perbedaan Antara Tuhan (Ilah), Tuhan dan Allah




Kata Ara Ilah adalah sama dengan kata Inggris god (tuhan). Keduanya bermakna sesuatu yaitu entitas yang disembah. Kata Persia khuda, Latin deus, dan Turki tanri, mempunyai arti yang sama.

Tuhan (God), dengan huruf T besar, tidak sama dengan istilah Allah, meskipun kita meggnakannya untuk alasan praktis. Tuhan ini lebih dekat dengan konsepi islam tentang ilah. Dalam bahasa Arab, Allah adalah nama personal esensial dari Tuhan dan mengandung semua Nama-nama Indah-Nya (asmaul husna). Ketika Allah disebut, maka yang kita pikirkan adalah Yang Maha Esa. Wujud Tertinggi, Pencipta, Pemilik, Pemelihara, Maha Kuasa, Maha mengetahui, Maha Meliputi, yang Nama-nama-Nya dan Sifat-sifat-Nya tercermin dalam ciptaan. Istilah ini juga mengacu kepada Keesaan-Nya yang absolut daan kesempurnaan-Nya dan ketiadaan sekutu-Nya. Kata Tuhan (God), seperti yang dipakai oleh non-Muslim, mengandung bermacam-macam konsepsi dan konotasi yang tidak dapat diterima oleh Muslim.

Karena Allah adalah nama yang khusus untuk Wujud Tertinggi Yang Maha Esa, maka kita katakan la ilaha illa Allah (tiada tuhan selain Allah), bukannya la Allah illa Allah. Dengan mengatakan la ilaha illa Allah kita pertama-tama menyangkal semua tuhan dan menegaskan Satu Tuhan Esa yang bernama Allah. Dengan kata lain hanya Allah sajalah yang adalah Allah, dan hanya Dia-lah yang pantas disembah.

M. Fethullah Gulen.Memadukan Akal dan Kalbu dalam Beriman.Murai kencana.Jakarta: 2002.

Reactions:

5 comments:

  1. Arti kata Tuhan adalah sebuah sebutan / gelar terhadap Pribadi Pencipta , Pemilik ,Penguasa atas surga langit dan bumi serta segala isinya.. Tuhan yg disembah Ibrahim, Ishak dan Yakub adalah Tuhan yg adalah Roh Yang Maha Kudus dan Yang Maha Kuasa yg menyatakan diri-nya bernama Yahweh (YHWH). Sedangkan Allah adalah nama salah satu dewa berhala yg disembah oleh bengsa Arab semenjak jauh sebelum Muhammad lahir. Dan dewa berhala Allah ini beserta anaknya Al-latta dan Al-uzza bersama lebih dari 300 patung berhala lain dulunya mendiami didalam kuil-ka'bah dan disembah oleh bangsa Arab kuno. Dan Allah ini dianggap oleh orang Arab kuno dari jaman dahulu adalah Dzat yang maha gaib .. Itulah bedanya Tuhan dan Allah.. Marilah kita belajar dengan hati yg teduh , mengenali sejarah dan kebenaran-Nya supaya kita jangan tersesat. Karena ini menentukan nasib roh kita nanti setelah kematian tubuh dan jiwa ini ..

    ReplyDelete
  2. ok, pendapat saudara bisa d terima .. itu semua tergantung dr sisi mana memaknainya
    ^_^)
    trima kasih sudah berkenan melawat d mari :)

    ReplyDelete
  3. Anonim:.......Sedangkan Allah adalah nama salah satu dewa berhala yg disembah oleh bengsa Arab semenjak jauh sebelum Muhammad lahir.....___________

    Nama Dewa tertinggi orang Arab Jahiliyah tuh bukan Allah, tapi Hubbal...marilah belajar sejarah dengan benar...

    ReplyDelete
  4. Mantap..mengenal Tuhan Mengenal Allah dan Mengenal.Berhala..semuanya berhak berkenalan

    ReplyDelete