Tuesday, 1 November 2011

Makanan-Makanan Pencegah Rambut Rontok




Melakukan diet sehat, tak hanya bermanfaat untuk menjaga penampilan tubuh ideal. Diet yang sehat juga bisa menunjang kesehatan rambut, termasuk mencegah kerontokan pada rambut.
Jika rambut Anda mulai menipis dan botak Anda perlu segera mengatasinya. Ada beberapa modifikasi diet yang bisa membantu Anda mempertahankan kesehatan rambut. Tidak hanya untuk wanita, para pria pun bisa mengalami masalah sensitif pada rambut. Tak hanya sekedar melakukan keramas, melakukan motifikasi diet juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Apa yang Anda makan, bisa sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh Anda, termasuk rambut.
Agar rambut Anda terhindar dari rontok, berikut makanan yang bisa Anda konsumsi seperti dikutip laman Times of India:

Wortel
Tak hanya bagus untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel memberikan nutrisi yang sangat baik untuk kulit kepala. Kulit kepala yang sehat bisa membuat rambut berkilau. Kandungan vitamin A dalam wortel juga mampu melembabkan dan menguatkan rambut sehingga tak mudah rontok. Diet sehat seimbang juga sangat dianjurkan. Diet kaya protein, banyak mengonsumsi buah-buahan, dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti salmon dan susu rendah lemak juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan rambut.

Kacang Hijau
Meskipun kacang hijau tidak kaya antioksidan atau vitamin atau mineral tertentu, namun kacang hijau mengandung jumlah yang seimbang dari vitamin dan mineral seperti zat besi, seng dan vitamin kelompok B. Ini penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Gandum
Tidak hanya sarat dengan serat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan perut, oats atau gandum juga mengandung konsentrasi tinggi zat gizi penting seperti seng, besi dan omega-6 asam lemak. Oats juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda sebagai (PUFA). Asam lemak omega-6 secara khusus penting untuk mempertahankan kulit normal, pertumbuhan rambut dan sebagai zat pembangunan. Karena nutrisi ini penting dan hanya diperoleh melalui makanan, pastikan sarapan pagi Anda selalu menyertakan oats.

Udang
Dari berbagai macam makanan laut yang tersedia, udang termasuk makanan laut dengan kandungan protein tinggi. Udang juga mengandung vitamin B12, zat besi, seng yang sangat diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut.

Kenari
Tidak mau kalah dengan gandum, kenari adalah salah satu kacang yang paling hairfriendly. Tidak hanya mengandung omega-6 lebih banyak, tapi juga penuh dengan kandungan nutrisi lainnya seperti seng, besi, vitamin B (B1, B6 dan B9), dan banyak protein. Namun, hati-hati, kenari juga mengandung selenium, mineral yang diketahui menyebabkan rambut rontok jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi segenggam kenari selama seminggu adalah jumlah yang ideal untuk mendapatkan manfaatnya.

Telur
Telur, sarat dengan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, zat besi, seng dan asam lemak Omega 6 dalam jumlah besar. Kekurangan salah satu vitamin dan mineral tersebut bisa menyebabkan kualitas yang buruk pada rambut. Tak hanya itu, kandungan biotin (vitamin B7) pada telur, juga perlu diketahui mampu memerangi kerontokan rambut.

Produk susu rendah lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yoghurt merupakan sumber besar kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Mereka juga mengandung whey dan kasein. Tambahkan secangkir yogurt atau keju ke daftar makanan Anda untuk membantu mencegah rambut rontok.
Perlu diketahui pula, stres dan terlalu banyak menggunakan hair spray serta gel rambut, menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Untuk itu, hindari stres yang berlebihan dan penggunaan produk kimiawi rambut yang berbahaya, termasuk menghindari paparan sinar matahari, polusi , air hujan dan debu yang berlebihan. Ini semua bisa menyebabkan rambut mudah kering, rapuh dan lemah.

Sumber : ForumkamiNET



Reactions:

1 comment:

  1. Baur tau kalo kacang ijo sama wortel bisa mencegah rambut rontok
    Thanks infpnya

    ReplyDelete