Tuesday, 22 November 2011

Memakan Buah Apel Dapat Merusak Gigi




GIGI sehat menjadi bagian penting dari penampilan. Menurut penelitian, makan apel empat kali lebih merusak gigi dibandingkan minuman soda.

Wine dan bir juga meningkatkan risiko kerusakan gigi, tetapi tidak demikian halnya dengan acar bawang dan jeruk yang rasanya juga asam.

"Kesehatan gigi bukan hanya tentang apa yang kita makan, tapi bagaimana kita memakannya," kata Profesor David Bartlett, Lepala Prostodontik King’s College London Dental Institute yang memimpin penelitian.

"Dokter benar mengatakan bahwa apel adalah makanan yang baik, tetapi jika Anda memakannya perlahan-lahan, maka tingkat keasaman yang tinggi dapat merusak gigi Anda. Sementara, minuman yang paling sering dikaitkan dengan perusak diet, terutama soda, tidak menunjukkan peningkatan risiko yang sama,” tambahnya, seperti dikutip Dailymail, Senin (10/10/2011).

Hasil penelitian, katanya, menekankan bahwa saran diet sebaiknya juga mempertimbangkan makanan asam selain minuman ringan yang biasa dikonsumsi.

Dalam studi tersebut, para peneliti mencari kaitan antara keausan gigi pada beberapa titik di mulut dengan diet di lebih 1.000 pria dan wanita usia 18-30. Mereka mengamati kerusakan pada permukaan enamel gigi sedalam 2 mm, juga pada dentin (struktur penopang utama dari gigi bawah enamel), lalu membandingkannya dengan diet.

Hasilnya, orang yang makan apel berisiko 3,7 kali lebih besar mengalami kerusakan dentin sedangkan peminum soda tidak memiliki risiko tambahan. Jus buah meningkatkan kemungkinan kerusakan dentin hingga empat kali lipat sedangkan bir yang berasa asam, berisiko merusak dentin hingga tiga kali lipat.

Bagaimana mengatasinya?

Beberapa buah apel mengandung empat sendok teh gula yang berkontribusi meningkatkan kadar asam dalam mulut.

"Buah dan jus buah ada yang rasanya asam dan memiliki kadar gula tinggi, tapi saya tidak mau orang berhenti mengonsumsinya," kata Dr Glenys Jones, ahli gizi di Medical Research Council's Human Nutrition Research.

Salah satu saran adalah makan apel bersama susu atau sepotong keju yang mengandung kalsium sebagai penetral asam. Minum air segera setelah makan apel juga akan membantu meminimalkan efek berbahaya bagi gigi.

"Minum jus buah dan smoothie dengan sedotan adalah cara untuk melindungi gigi Anda. Menyikat gigi sebelum konsumsi makanan asam juga dapat membantu karena memberikan penghalang antara makanan dan gigi," sarannya.

Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment