Tuesday 22 November 2011

Terlalu Banyak Makan Bayam Beresiko Terkena Batu Ginjal



Bayam biasanya identik dengan 'Popeye si Pelaut' yang bisa menguatkan otot. Tapi terlalu banyak makan bayam ternyata dapat berkontribusi mengembangkan batu ginjal karena mengandung tinggi kalsium oksalat.

Batu ginjal atau dalam istilah kedokteran dikenal sebagai Nephrolithiasis terjadi akibat adanya massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menimbulkan penyumbatan atau juga infeksi. Batu tersebut bisa terbentuk di ginjal maupun di kandung kemih.

Urine mengandung berbagai bahan kimia yang membantu menjaga semua komponen dalam urine dalam bentuk larutan untuk mencegah pembentukan kristal. Biasanya, produk-produk limbah larut dalam urine dan perjalanan ke ginjal di mana produk limbah akan dieliminasi dari tubuh.

Batu ginjal terbentuk ketika bahan kimia dalam urine tidak seimbang dengan komponen kemih lainnya, seperti kalsium dan oksalat. Hal ini dapat disebabkan karena asupan berlebihan dari makanan kaya oksalat, seperti bayam.

Jika Anda rentan mengembangkan batu ginjal karena kalsium oksalat, diet dengan makanan rendah oksalat dapat membantu. Pada diet ini, Anda tidak diizinkan untuk makan bayam, yang dikategorikan sebagai makanan tinggi oksalat karena mengandung setidaknya 10 mg per porsi oksalat, seperti dilansir Livestrong, Rabu (4/10/2011).

Kandungan oksalat juga tinggi pada makanan seperti kacang, mentega kacang, produk kedelai, pretzel, roti gandum, buah berri, anggur, wortel, seledri, terong, buah zaitun, kentang, ubi jalar (sweet potato) dan cokelat.

Makanan dengan kandungan oksalat menengah, yang berisi 2 sampai 10 mg oksalat contohnya yogurt, apel, persik, pir, nanas, oatmeal, brokoli selada, jagung, tomat dan bawang.

Sedangkan makanan dengan kandungan oksalat rendah dengan 2 mg oksalat per porsi antara lain keju, susu, pisang, jeruk, alpukat, ceri, pasta putih, nasi putih, bacon, daging sapi, ham, ayam, kerang, kembang kol, mentimun dan jamur.

Selain mengurangi makanan yang mengandung banyak oksalat, orang dengan bakat batu ginjal juga harus banyak minum air putih. University of Pittsburgh Medical Center merekomendasikan bahwa orang yang rentan terhadap batu ginjal kalsium oksalat untuk minum 8 sampai 13 gelas air putih per hari.

Sumber : ForumkamiNET

0 comments:

Post a Comment