Wednesday, 23 November 2011

Terapi Citra Tubuh Dapat Menghentikan Kecanduan Rokok


Belajar mencintai tubuh sendiri lebih efektif untuk membantu orang berhenti merokok dan menurunkan berat badan ketimbang hanya melakukan olahraga. Jika ingin berhenti merokok dan diet, cobalah untuk bisa mencintai tubuh Anda.

Terapi citra tubuh (body image) seringkali berisi latihan cermin, di mana perempuan melihat refleksi diri mereka. Bukan untuk mengkritik bagian tubuh tetapi fokus pada aspek penampilan yang dikagumi.

Manfaat dari terapi ini terungkap ketika peneliti mulai melakukan investigasi bagaimana olahraga dapat mempengaruhi orang untuk berhenti merokok pada wanita usia 18 hingga 24 tahun.

Pertama, peneliti mewawancara 43 perempuan muda dan mengetahui bahwa berat badan dan body image merupakan kekhawatiran utama dalam berhenti merokok. Peneliti kemudian memutuskan untuk menambahkan komponen body image dalam penelitian ini.

"Komponen body image sangat berguna, karena 44 persen partisipan mengatakan mereka akan kembali merokok bila berat badan tetap naik," jelas Melissa Napolitano, PhD, psikolog klinis di Center for Obesity Research and Education do Temple University, Philadelphia, seperti dilansir timeofindia, Sabtu (15/10/2011).

Peneliti menemukan 10 persen lebih perempuan di kelas terapi body image dapat berhenti merokok setelah 1 minggu dan turun berat badan lebih banyak ketimbang kelompok yang hanya melakukan olahraga.

"Menggunakan pelatihan kemampuan body image dapat membantu orang untuk berhenti merokok karena hal itu memberikan kemampuan dan alat untuk membantu orang merasa lebih baik dengan dirinya sendiri dan tidak ingin kembali merokok agar dapat mengontrol berat badan," jelas Napolitano.
                                             
Penelitian ini telah dipresentasikan baru-baru ini di pertemuan tahunan Society for Behavioral Medicine di Montreal.

Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment