Monday, 14 November 2011

Sejarah Lambang Kuda Jingkrak Pada Logo Ferrari




Bila mendengar nama Ferrari, tentu kita tidak bisa melepas pikiran kita dari lambang 'kuda jingkrak' yang memang telah menjadi logo Ferrari sejak lama. Tapi dari manakah logo ini sebenarnya lahir?

Usut punya usut, seperti dilansir caradvice, Kamis (29/9/2011) ide menjadikan gambar kuda jingkrak sebagai logo Ferrari dicetuskan oleh seorang ibu rumah tangga bernama Countess Paolina.

Ceritanya, pada tahun 1923 Enzo Ferrari yang merupakan pendiri Ferrari bertemu dengan ibu dari pilot Perang Dunia I, Francesco Baracca yang bernama Countess Paolina.

Di pertemuan tersebut ibu Baracca menyarankan Enzo untuk menempatkan lambang kuda pada mobil yang dia gunakan untuk balap.

Ketika itu, karir Enzo sebagai seorang pembalap memang naik daun. Dengan lambang kuda itu, ibu Baracca berharap Enzo akan terus dilindungi keberuntungan.

Ada pun lambang kuda yang dimaksudkan ibu Baracca sendiri merupakan lambang kuda yang ditorehkan pada pesawat tempur yang digunakan oleh Francesco Baracca selama perang dan menjadikannya pahlawan Italia.

Enzo kemudian menuruti saran dari ibu Baracca tersebut dan menorehkan sebuah lambang kuda dengan background warna kuning. 'Perisai Ferrari' ini muncul untuk pertama kali pada tahun 1932 di mobil Alfa Romeo dari tim balap Scuderia yang berlaga di Spa Grand Prix di Belgia.

Ketika Enzo sudah memiliki cukup modal untuk membuat sebuah perusahaan mobil, tahun 1947 lahirlah Ferrari 125 S yang merupakan mobil pertama yang dibangun di Maranello, Italia.

Mobil ini menampilkan sebuah emblem berbentuk kotak di kap mesin dengan bendera Italia di bagian atas.

Kata Ferrari disematkan di logo itu untuk menggantikan huruf 'S' dan 'F' yang merupakan personifikasi dari Scuderia (S) dan Ferrari (F).

Sejak saat itu, antara Ferrari dan lambang kuda jingkrak pun seolah merupakan dua elemen yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan menjadi salah satu lambang perusahaan mobil paling ikonik di dunia.

Sebab ketika berbicara soal Ferrari, lambang kuda jingkrak pasti terbawa. Dan ketika melihat sebuah gambar kuda jingkrak, nama Ferrari pasti langsung terbayang.


Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment