Saturday, 24 December 2011

Varietas Baru Ikan Nila yang Tumbuh Lebih Cepat




Keunggulan varietas unggulan ikan nila ras Wanayasa generasi kedua (Nirwana G2) terletak  pada laju pertumbuhan yang 15 persen lebih cepat.

"Ikan Nirwana G2 ini memiliki 15 persen laju pertumbuhan yang lebih baik," kata Kepala Balai Pengembangan Benih Ikan Air Tawar (BPBIAT) Wanayasa Purwakarta, Budiman, Kamis.

Menurut dia, fokus dari keunggulan sebuah ikan nirwana generasi baru memang lebih baik bila hanya memanfaatkan satu keunggulan dan tidak bisa menggabungkan berbagai dua sifat unggul lainnya.

Untuk meningkatkan laju pertumbuhan yang lebih baik, lanjutnya, maka perhitungan yang digunakan antara "survival rate" (SR) atau daya hidup dengan "coefficient food ratio" (CFR) atau koefisien rasio makanan harus tidak signifikan.

Ia memaparkan, varietas unggulan ikan nila ras Wanayasa yang sebelumnya telah dirilis pada 2006 sedangkan ikan nila ras Wanayasa generasi kedua ini dirilis pada 2011.

BPBIAT Wanayasa Purwakarta  memiliki lahan sebesar lima hektare, yang terdiri atas lahan daratan kurang lebih 1,5 hektare dan lahan perkolaman kurang lebih 3,5 hektare.

Sumber air yang mengairi areal perkolaman berasal dari Sungai Ciherang yang dialirkan melalui saluran irigasi teknis sepanjang 400 meter.Suplai air bersih untuk kebutuhan "hatchery" (pembenihan) berasal dari bak filtrasi air tanah.

Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment