Monday, 12 December 2011

Sejarah Motor Honda



Sejarah Honda nggak terlepas dari tangan seorang Soichiro Honda, sang pendiri. Soichiro Honda ini seorang pembalap (racer), juga seorang businessman dan juga seorang manufaktur sejati.

Disamping semua itu yang paling penting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi (dreamer), Dia memimpikan membuat piston ring yang lebih baik.

Perusahaan kecil di Hamamatsu (sebelum lahir Honda Motor Company) berhasil membuat motor bikez.. di bulan Oktober 1946. Motornya ini menggunakan rangka sepeda… !!! Karena gasoline sangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakan turpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress… gampangnya bio BBM laagh red.). Namun karena mutunya nggak begitu bagus… itu motor kudu dipedal dulu baru bisa jalan.. !!!

Di bulan November 1947, Seichiro Honda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih menggunakan turpentine… dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”…!!!

Barulah pada tahun 1958 Seichiro Honda mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangat mendukung dari sisi finansial. Bersama-sama mereka mendirikan emperium Honda.

Di tahun 1948 juga, Honda mengeluarkan motobikez dengan engine 90cc modifikasi dari type A, yang dikenal sebagai “B-Type”. Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Oh ya neh motor bener-bener komplit sebuah motor. bukan hanya engine yang ditempelin ke rangka sepeda.. seperti sebelumnya. Mr. Honda selalu mengikuti setiap step dalam proses pembuatan motor ini dan makanya disebut D-Type karena Dreamnya mulai terwujud dan milestone ini membuat Honda semakin memproduksi motor yang lebih baik dan semakin canggih.

Setelah mengeluarkan D-Type selanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai E-Type. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat digeber sampai kecepatan 80 km/h… !!! Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisa mencapai 130 unit sehari.

Tahun 1952, Honda mengeluarkan motor “Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke dan produksinya mencapai 6500 unit sebulan… atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.. !!! Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly” atau yang berarti nyaman… !!! Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motor ini bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.. !!!

Tahun 1954, Honda juga mengeluarkan scooter yaitu Juno. Juno ini diadaptasi dari Vespa yang sedang dibikin di Jepang… !!! Yaagh karena diadaptasi dari Vespa .. yagh bentuknya mirip banget… dengan Vespa.. !!! Tahun 1957, Honda mengeluarkan untuk pertama kalinya twin cylinder motorcycles, 250cc OHC, 4 stroke C70.. !!! C70 lumayan cukup canggih dimasanya… !!! Mulailah berbagai produk muncul .. seperti C71 dimana telah menerapkan electric starter pada engine 250cc… !!!

Tahun 1959, Benly 125cc juga dikeluarkan dan sanggup digeber sampai 110 km/h.. !!! Dan era keemasan Honda muncul pada bulan Juni 1958, yaitu dengan dikeluarkannya C100 Super Cub… yang disebut-sebut the most successful motorcycles… !!!

Super Cub ini dikembangkan selama 3 tahun, agar murah dan gampang dikendarai oleh siapapun. Motor ini menggunakan 50cc, OHC, 4 stroke, centrifugal clutch dengan 3 transmisi kecepatan. Motor ini sangat mudah dikendarai,.. bahkan bagi pemula sekalipun. Bentuk ini yang dikenal sebagai bebek sekarang… menjadi populer pada zamannya. Wanita pun mudah mengendarainya.. soalnya nggak perlu terhambat oleh bentuk konvensional motor yang ada tanki bensin etc… !!! Motor ini kemudian muncul berbagai versi… ada yang 50cc, 70cc dan 90cc… !!! Tahun 1959, Honda mulai mengekspor dan memasuki pasar Amerika Serikat… !!! Dan terkait dengan motor ini… pada akhir Desember 2005, motor ini sudah diproduksi sebanyak 50 juta unit…!!! Bentuknya beda-beda tipis namun engine nya.. mirip banget.. !!! Dan jumlah tersebut adalah jumlah yang sangat fantastis untuk sebuah motor… !!!

Sumber : ForumkamiNET

Reactions:

0 comments:

Post a Comment