Sejarah
Honda nggak terlepas dari tangan seorang Soichiro Honda, sang pendiri. Soichiro
Honda ini seorang pembalap (racer), juga seorang businessman dan juga seorang
manufaktur sejati.
Disamping semua itu yang paling
penting adalah Soichiro Honda itu adalah seorang pemimpi (dreamer), Dia
memimpikan membuat piston ring yang lebih baik.
Perusahaan kecil di Hamamatsu
(sebelum lahir Honda Motor Company) berhasil membuat motor bikez.. di bulan
Oktober 1946. Motornya ini menggunakan rangka sepeda… !!! Karena gasoline
sangat langka waktu itu, makanya Honda mengembangkan motornya ini menggunakan
turpentine (semacam minyak yang disuling dari pine tress… gampangnya bio BBM
laagh red.). Namun karena mutunya nggak begitu bagus… itu motor kudu dipedal
dulu baru bisa jalan.. !!!
Di bulan November 1947, Seichiro
Honda mengembangkan motor bikez berkekuatan 0.5HP yang disebut A-Type dan masih
menggunakan turpentine… dan motor ini dikenal sebagai “Chimney”…!!!
Barulah pada tahun 1958 Seichiro
Honda mendirikan pabrikan Honda bersama dengan Takeo Fujikawa yang sangat
mendukung dari sisi finansial. Bersama-sama mereka mendirikan emperium Honda.
Di tahun 1948 juga, Honda
mengeluarkan motobikez dengan engine 90cc modifikasi dari type A, yang dikenal
sebagai “B-Type”. Tahun 1949, Honda mengeluarkan motor “D-Type”. Oh ya neh
motor bener-bener komplit sebuah motor. bukan hanya engine yang ditempelin ke
rangka sepeda.. seperti sebelumnya. Mr. Honda selalu mengikuti setiap step
dalam proses pembuatan motor ini dan makanya disebut D-Type karena Dreamnya
mulai terwujud dan milestone ini membuat Honda semakin memproduksi motor yang lebih
baik dan semakin canggih.
Setelah mengeluarkan D-Type
selanjutnya Honda mengeluarkan engine 146cc, OHV, 4 stroke yang dikenal sebagai
E-Type. Engine ini dapat mengeluarkan power 5.5HP dan dapat digeber sampai
kecepatan 80 km/h… !!! Selanjutnya bikez dengan engine ini diproduksi, dan bisa
mencapai 130 unit sehari.
Tahun 1952, Honda mengeluarkan motor
“Cub” pertamanya dengan engine F-Type, 50cc, 2 stroke dan produksinya mencapai
6500 unit sebulan… atau hampir menguasai 70% market share motor di Jepang.. !!!
Tahun 1953, Honda memproduksi motor 90cc, 4 stroke yang dikenal sebagai “Benly”
atau yang berarti nyaman… !!! Motor ini mempunyai 3 speed gearbox, dan motor
ini bisa laku terjual sebanyak 1000 unit sebulan.. !!!
Tahun 1954, Honda juga mengeluarkan
scooter yaitu Juno. Juno ini diadaptasi dari Vespa yang sedang dibikin di
Jepang… !!! Yaagh karena diadaptasi dari Vespa .. yagh bentuknya mirip banget…
dengan Vespa.. !!! Tahun 1957, Honda mengeluarkan untuk pertama kalinya twin
cylinder motorcycles, 250cc OHC, 4 stroke C70.. !!! C70 lumayan cukup canggih
dimasanya… !!! Mulailah berbagai produk muncul .. seperti C71 dimana telah
menerapkan electric starter pada engine 250cc… !!!
Tahun 1959, Benly 125cc juga
dikeluarkan dan sanggup digeber sampai 110 km/h.. !!! Dan era keemasan Honda
muncul pada bulan Juni 1958, yaitu dengan dikeluarkannya C100 Super Cub… yang
disebut-sebut the most successful motorcycles… !!!
Super Cub ini dikembangkan selama 3
tahun, agar murah dan gampang dikendarai oleh siapapun. Motor ini menggunakan
50cc, OHC, 4 stroke, centrifugal clutch dengan 3 transmisi kecepatan. Motor ini
sangat mudah dikendarai,.. bahkan bagi pemula sekalipun. Bentuk ini yang
dikenal sebagai bebek sekarang… menjadi populer pada zamannya. Wanita pun mudah
mengendarainya.. soalnya nggak perlu terhambat oleh bentuk konvensional motor
yang ada tanki bensin etc… !!! Motor ini kemudian muncul berbagai versi… ada
yang 50cc, 70cc dan 90cc… !!! Tahun 1959, Honda mulai mengekspor dan memasuki
pasar Amerika Serikat… !!! Dan terkait dengan motor ini… pada akhir Desember
2005, motor ini sudah diproduksi sebanyak 50 juta unit…!!! Bentuknya beda-beda
tipis namun engine nya.. mirip banget.. !!! Dan jumlah tersebut adalah jumlah
yang sangat fantastis untuk sebuah motor… !!!
Sumber : ForumkamiNET
0 comments:
Post a Comment