Tuesday, 27 December 2011

Penderita Darah Tinggi Akan Lebih Cepat Pikun


BANTUL - Orang tua yang mengalami demensia atau kepikunan sangat membutuhkan pendampingan dari keluarganya, kata dokter jiwa dari Rumah sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Kabupaten Bantul Vista Nurasti Pradantya Sp KJ.
"Lanjut usia (lansia) yang sudah pikun mulai bertindak seperti anak kecil, dan lebih merepotkan. Oleh karena itu, butuh pendampingan dengan sebaik-baiknya," katanya pada seminar tentang dimensia, Rabu.
Menurut dia, pihaknya menyarankan jika dalam keluarga terdapat manula yang mengalami demensia, semua anggota keluarga harus dapat memahami penderita dan dapat memberikan pendampingan dengan penuh ketelatenan dan kesabaran.
Ia mengatakan demensia bisa datang lebih awal pada diri seseorang yang sudah berusia sekitar 40 tahun, dan saat memasuki usia 65 tahun kondisinya meningkat dua kali lipat dan pertambahan usia lima tahun.
"Bagi penderita hipertensi, dislipidenia dan gangguan sirkulasi pembuluh darah ke otak akan lebih awal terkena dimensia, maka sebaiknya penyakit yang ada diobati dahulu," katanya.
Menurut dia, sedangkan langkah selanjutnya yaitu mengkonsumsi vitamin E, karena terbukti dapat mengurangi gejala demensia.

Sumber : Republika.co.id

Reactions:

0 comments:

Post a Comment