Thursday 8 December 2011

Makanan-makanan Yang Membuat Lapar




Makanan yang dimakan pastinya akan membuat perut Anda menjadi kenyang. Namun, ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi malah membuat perut terasa lapar.
Selain soda diet, berikut beberapa makanan yang jika dikonsumsi justru membuat perut semakin tambah lapar. Apa saja ?

Pastry dan roti
Kue/pastry dan roti memang memiliki rasa yang sangat lezat, tapi tidak cukup mengenyangkan untuk waktu yang lama. Penyebabnya, karena sebagian besar bahan pembuat kue dan roti adalah gula pasir dan tepung terigu yang sedikit mengandung serat dan nutrisi.
Setelah memakannya, mungkin Anda akan merasa sangat kenyang. Tapi hanya sebentar saja, Anda akan merasa lebih lapar dari sebelumnya. Jika ingin makan roti atau kue, pilih yang terbuat dari gandum utuh karena lebih kaya serat dan mengandung karbohidrat kompleks yang bisa membuat perut kenyang lebih lama.

Soda diet
Beberapa studi membuktikan bahwa soda diet justru membuat Anda semakin lapar. Menurut Sharon Fowler, peneliti obesitas di UT Health Science Center, San Diego, pemanis buatan pada soda diet punya efek memicu selera makan.
Namun, tidak seperti gula alami, gula buatan tidak bisa mengenyangkan sehingga Anda pun ingin makan lebih banyak lagi untuk memuaskan rasa lapar itu.

Permen karet
Permen karet menstimulasi cairan gastric (cairan pada lambung) dan memproduksi lebih banyak saliva. Saliva atau air liur yang keluar selama Anda mengunyah permen karet akan turun ke perut, 'memanipulasi' perut untuk 'berpikir' kalau akan ada lagi makanan untuk dicerna. Akibatnya, Anda pun akan merasa lebih lapar.

Sirup jagung tinggi fruktosa
Sirup jagung yang tinggi kandungan fruktosa, bisa mengganggu metabolisme tubuh sehingga akan sulit menahan hasrat makan. Kenapa bisa begitu?
Sirup jagung tinggi fruktosa bisa memperlambat sekresi leptin pada tubuh. Leptin merupakan hormon penting yang 'memberitahu' kapan Anda merasa kenyang dan harus berhenti makan.

Sumber : ForumkamiNET

2 comments: